Solo (ANTARA) - Sebanyak 14.000 orang resmi mendaftar jalur Ujian Mandiri Universitas Sebelas Maret (UM UNS) Surakarta hingga Jumat (12/7) siang.

"Jumlah ini ada kemungkinan bertambah karena penutupan pendaftaran baru akan kami lakukan pada pukul 24.00 WIB," kata Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Ahmad Yunus di Solo, Jumat.

Ia mengatakan sebanyak 14.000 pendaftar ini sudah menyelesaikan biaya administrasi. Sedangkan yang lain ada sekitar 28.000 orang yang belum melakukan pembayaran administrasi.

Sebagaimana diketahui, waktu pendaftaran jalur UM UNS sudah dimulai sejak tanggal 2 Juli 2019. Pada pelaksanaannya, UNS bersama dengan tujuh perguruan tinggi negeri (PTN) lain di Indonesia.

Ketujuh PTN lain tersebut, yaitu Universitas Negeri Jakarta di Jakarta, Universitas Padjajaran di Bandung, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa di Banten, Universitas Negeri Surabaya di Surabaya, Universitas Lampung di Lampung, Universitas Sumatera Utara di Medan, dan Universitas Hasanuddin di Makassar.

Ia mengatakan untuk perbandingan jumlah pendaftar diperkirakan paling banyak di UNS karena UNS menampung pendaftar di seluruh wilayah Jawa Tengah.

"Selain itu, memang jumlah peminat UNS dari Jawa Tengah cukup tinggi. Saat ini data masih terus berjalan," katanya.

Sebelumnya, dalam proses pelaksanaannya, pendaftaran jalur ujian mandiri sempat mengalami kendala akibat gangguan pada server.

"Server sempat 'down' karena diakses dari banyak lokasi, tetapi sudah langsung tertangani," katanya.

Baca juga: UI tiadakan ujian masuk mandiri program sarjana
Baca juga: Unair sediakan 1.600 kuota mahasiswa baru jalur mandiri
Baca juga: PTN luncurkan jalur mandiri SMMPTN Barat 2019

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019