Salah satu bentuk kegiatan RHL adalah reboisasi, yaitu upaya penanaman jenis pohon hutan pada kawasan hutan rusak yang berupa lahan kosong
Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo melakukan sosialisasi terkait program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) di daerah itu.

Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang, Azis Nurhamidin di Gorontalo, Jumat mengatakan penyelenggaraan kegiatan RHL adalah upaya untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan.

"Sehingga daya dukung, produktivitas dan perannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga," ujarnya.

Menurut Azis, salah satu bentuk kegiatan RHL adalah reboisasi, yaitu upaya penanaman jenis pohon hutan pada kawasan hutan rusak yang berupa lahan kosong.

Pada tahun 2019, kata dias, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS HL) Bone Bolango mengalokasikan kegiatan reboisasi berupa penanaman RHL seluas 12.300 hektare yang tersebar pada hutan lindung, hutan produksi dan hutan konservasi.

"Untuk Kabupaten Gorontalo mendapat alokasi 5.270 hektare yang berada di wilayah Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Suaka Margasatwa Nantu," katanya.

Ia mengatakan bahwa sosialisasi tersebut merupakan salah satu upaya agar para pihak yang berkepentingan terhadap pelaksanaan kegiatan RHL bisa mengetahui dan mendukung kegiatan dimaksud.

"Sosialisasi ini tentunya tidak cukup hanya sebatas pada tingkat kabupaten tetapi sangat perlu juga dilaksanakan di tingkat tapak atau desa," katanya.

Ia menegaskan jika sosialisasi pada tingkat desa sangat diperlukan agar masyarakat yang berada di sekitar kawasan hutan pada lokasi kegiatan RHL bisa mengetahui manfaat RHL dan mendukung serta ikut berperan serta dalam kegiatan itu.

"Saya berharap agar upaya rehabilitasi hutan dan lahan yang kita laksanakan dpat berjalan dengan lancar dan berhasil mengembalikan hutan sebagaimana mestinya," demikian Azis Nurhamidin.

Baca juga: Pembangunan model hutan serba guna digagas di Gorontalo

Baca juga: Konversi hutan ancam kelestarian Tarsius di Gorontalo

Baca juga: Gubernur: kondisi hutan mangrove Gorontalo sangat memprihatinkan

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019