Jakarta (ANTARA) - Selain memberikan efek menyegarkan pada minuman, es batu ternyata juga berguna untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Es batu memang dikenal efektif untuk meredakan ketegangan otot, keseleo hingga memar. Lebih dari itu, es batu pun berfungsi untuk meringankan masalah kesehatan lainnya, berikut adalah pembahasannya menurut artikel Boldsky, Sabtu.

1. Meningkatkan kualitas tidur
Kurang tidur dan siklus tidur yang terganggu adalah masalah umum. Menurut pengobatan Tiongkok, titik Feng Fu membantu meningkatkan kualitas tidur dengan merilekskan tubuh. Setiap hari, letakkan es batu di titik Feng Fu dan putar atau gosokkan dengan ringan pada kulit Anda.

2. Mengatasi gejala PMS
Menggunakan es batu adalah cara yang mudah dan alami untuk menghilangkan rasa sakit saat PMS (Premenstrual Syndrome).

Sebab, tempat Anda meletakkan es batu diketahui memiliki hubungan langsung dengan sistem reproduksi perempuan, yang pada gilirannya membantu meredakan kram menstruasi. Caranya letakkan kompres es di perut bagian bawah untuk menghilangkan kram dan rasa sakit.

3. Meningkatkan pencernaan
Dengan menggunakan metode Feng Fu, Anda sebenarnya bisa mengatasi masalah seperti sakit perut, kembung, dan gangguan pencernaan. Ini juga memberikan manfaat tambahan lain seperti pengurangan gas serta meningkatkan kelancaran saluran pencernaan.

4. Meredakan rasa sakit
Salah satu penggunaan es batu yang paling langsung terasa khasiatnya adalah untuk menghilangkan rasa sakit, baik itu kram otot, gigitan nyamuk atau suntikan. Es batu membantu mengurangi tingkat rasa sakit dengan menenangkan peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah. Es batu juga merupakan obat yang efektif untuk sakit gigi.

Anda dapat mengambil es batu dan mengoleskannya ke daerah yang sakit. Setelah selesai menggosok, tepuk area dengan lembut dan lanjutkan setidaknya tiga kali sehari.

5. Mengurangi pembengkakan
Menerapkan batu es pada area yang bengkak di tubuh Anda adalah cara cepat dan efektif. Es batu membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan dengan menyempitkan pembuluh darah, dengan demikian memperlambat aksi peradangan tubuh.

6. Meningkatkan kesehatan
Metode Feng Fu dikenal untuk meningkatkan kesehatan menstruasi dan juga merawat infertilitas, impotensi, frigiditas dan lainnya. Es batu juga dapat membantu merawat kelenjar endokrin.

Metode es batu juga diketahui dapat menyebabkan pengurangan frekuensi dan tingkat keparahan sakit kepala. Selain itu es batu memberikan bantuan untuk rasa sakit, hipertensi, hipotensi, mengontrol asma, mengurangi stres serta meningkatkan suasana hati.

Baca juga: Atasi cedera sendi dengan es batu

Baca juga: Menyesap es kopi balok di Depok

Baca juga: Peluncuran teknologi mesin pembuat es balok berpendingin hidrokarbon dengan teknologi 4.0 pertama yang digerakkan oleh solar PV

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019