Honolulu (ANTARA) - Gubernur Hawaii David Ige pada Jumat (12/7) mengumumkan keadaan darurat buat Pulau Maui, tempat petugas pemadam berjuang melawan kobaran api yang telah memaksa pengungsian ribuan orang dan mengirim awan tebal membubung ke atas pantai yang berdekatan.

Kebakaran di Maui, yang kadang-kala disebut Valley Isle, telah melahap lebih dari 10.000 acre (4.000 hektare) - lahan bekas ladang tebu dan semak sejak mulai menyala pada Kamis, dan sampai Jumat 20 persen dapat dikendalikan, kata beberapa pejabat di dalam satu pernyataan.

Kebakaran berawal dari lembah di bagian tengah pulau itu, dan angin yang berhembus dengan kecepatan 20 mil (30 kilometer) per jam membuat api bertambah besar, kata beberapa pejabat, sebagaimana dilaporkan Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu siang. Si jago merah membuat ribuan warga dan wisatawan di Permukiman Maalaea dan Kihei menyelamatkan diri sebagai pencegahan.

Baca juga: 11 orang tewas saat pesawat jatuh di Hawaii

​​​​​​​
"Saya mengumumkan Valley Isle kami sebagai daerah bencana untuk tujuan penerapan fungsi penanganan darurat sebagaimana diizinkan oleh hukum," kata Gubernur Ige di dalam satu pernyataan.

Honolulu Star-Adviser mengatakan tak ada laporan mengenai korban cedera atau kerusakan gedung, penyebab kebakaran sedang diselidiki.

Oprah Winfrey, yang memiliki properti di Maui, membuka jalan pribadi pada Kamis untuk membantu para pejabat Maui County menangani kebakaran. Ige berterima kasih kepada tokoh televisi tersebut di Twitter.

Petugas pemadam telah menggunakan helikopter untuk menjatuhkan air dalam upaya memadamkan si jago merah.

Baca juga: Gumpalan abu vulkanik gunung berapi picu peringatan bahaya di Hawaii
Baca juga: Gunung berapi Kilauea meletus hancurkan puluhan rumah di Hawaii


Sumber: Reuters

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019