Info Haji

Satu calon haji Rejang Lebong gagal berangkat

Satu calon haji Rejang Lebong gagal berangkat

Rombongan CJH Rejang Lebong kloter 8 diangkut menggunakan bus menuju asrama haji Bengkulu, Sabtu (13/7). (Foto Antarabengkulu.com)

Rejang Lebong (ANTARA) - Satu orang calon haji asal Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, yang tergabung dalam kelompok terbang delapan Embarkasi Padang gagal berangkat haji tahun ini lantaran menderita sakit.

Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah Kemenag Rejang Lebong, Ahmad Hafizudin saat mengawal keberangkatan CJH Rejang Lebong menuju asrama haji Bengkulu, Sabtu mengatakan satu orang calon haji yang gagal berangkat atas nama Zainal Abidin Sani, di mana kondisinya saat ini masih lemah karena baru saja menjalani operasi sehingga keberangkatannya ditunda tahun depan.

"Tadi ada satu orang jamaah kita yang tergabung dalam kloter 8 gagal berangkat tahun ini, yang bersangkutan baru selesai menjalani operasi sehingga tidak memungkinkan berangkat pada tahun ini," kata dia.

Dijelaskan dia, rombongan CJH Kabupaten Rejang Lebong yang berangkat haji tahun ini sebanyak 275 orang, dengan rincian 233 orang tergabung di kloter 8 dan telah diberangkatkan dari Masjid Agung Baitul Rejang Lebong menuju asrama haji pada Sabtu pagi (13/7) sekitar pukul 07.00 WIB.

Sedangkan untuk 42 CJH lainnya tergabung di kloter 12 embarkasi Padang, bergabung dengan CJH tambahan dari 10 kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu. Rombongan ini akan diberangkatkan dari Rejang Lebong pada Selasa pagi (16/7) nanti.

Kalangan CJH Rejang Lebong tergabung dalam kloter 8 tersebut saat ini sudah masuk asrama haji Bengkulu untuk beristirahat, kemudian menjalani pemeriksaan kesehatan, pembagian gelang, pembagian living cost atau biaya hidup selama berhaji.

"Rombongan ini akan berangkat dari Bandara Fatmawati Bengkulu menuju Bandara Internasional Minangkabau, Padang pada malam ini sekitar pukul 22.30 WIB, selanjutnya transit dan kemudian terbang ke Madinah," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Rejang Lebong Iqbal Bastari usai melepas keberangkatan 233 CJH daerah itu yang tergabung dalam kloter 8 mendoakan keberangkatan rombongan ini bisa berjalan lancar, selamat baik pergi maupun pulang ke Tanah Air, dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh serta menjadi teladan di masyarakat.

"Tentu saya sampaikan juga tolong jangan hanya minta didoakan, selagi anda masih bisa berdoa, doakan juga masyarakat Rejang Lebong agar dijauhkan dari marabahaya dan tetap damai," ujar Wabup Iqbal Bastari.

Pantauan di Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong saat pelepasan 233 CJH daerah itu, sejak Sabtu dini hari telah dipadati  CJH dan rombongan keluarga mereka yang akan mengantar keberangkatan CJH ini, bahkan ada juga yang sudah bermalam di kawasan masjid terutama yang berasal dari sejumlah kecamatan terjauh di Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar