counter

Lauren Gunawan, Paspampres AS keturunan Indonesia "sowan" ke KBRI

Lauren Gunawan, Paspampres AS keturunan Indonesia "sowan" ke KBRI

Perempuan AS keturunan Indonesia yang menjadi anggota Secret Service Presiden AS, Alta Lauren Gunawan (kanan), berkunjung ke KBRI Washington DC, Jumat (12/7/2019) atas undangan Dubes RI untuk AS Mahendra Siregar. ANTARA/HO-KBRI Washington DC/aa

Jakarta (ANTARA) - Alta Lauren Gunawan, perempuan Amerika Serikat keturunan Indonesia yang akhir-akhir ini menjadi terkenal setelah prestasinya banyak diberitakan media massa setempat, berkunjung ke KBRI Washington DC.

Sosok inspiratif bagi kaum perempuan dan generasi muda di AS itu berkunjung ke KBRI Washington DC pada Jumat (12/7) atas undangan Duta Besar RI untuk AS Mahendra Siregar.

Selain menorehkan prestasi sebagai perempuan pertama yang berhasil masuk menjadi anggota Paspampres (Secret Service) Presiden AS Donald Trump di Divisi Pengawalan Motor, Lauren juga tercatat sebagai warga keturunan campuran Asia-Amerika pertama yang berhasil melakukannya.

Ayah Lauren berasal dari Medan, Sumatera Utara, yang bermigrasi ke AS sebelum menikah dengan ibunya.

“Saya senang jika apa yang saya lakukan saat ini dapat menginspirasi banyak orang, terutama generasi yang lebih muda. Ayah saya selalu mengajarkan agar saya bekerja keras dan pantang menyerah untuk meraih keberhasilan,” kata Lauren dalam keterangan tertulis KBRI Washington DC, Sabtu.

Dubes Mahendra mengapresiasi prestasi Lauren yang fenomenal ini.

Baca juga: KBRI Washington DC sampaikan surat Trump untuk selamati Jokowi

“Saya berharap Lauren bersedia membagikan pengalamannya kepada anak-anak, generasi muda serta perempuan Indonesia dan diaspora Indonesia, untuk menunjukkan bahwa dengan tekad yang kuat, kerja keras, dan determinasi yang tinggi, mereka dapat meraih cita-cita yang tinggi sekalipun harus melalui banyak rintangan,” ujar dia.

Mahendra menggunakan kesempatan bertemu Lauren untuk menjelaskan berbagai perkembangan dan kemajuan Indonesia, khususnya proses demokratisasi dan peningkatan kontribusi perempuan dan generasi muda.

Walaupun sekarang telah dikenal publik, Lauren tetaplah sosok yang rendah hati.

Bertugas di Ibu Kota AS sebagai anggota Paspampres, ia tetap merasa menjadi bagian dari kota kecil di Negara Bagian Illinois, tempat dia dibesarkan.

“Hanya lingkungannya saja yang berubah. Kalau dulu saya biasa bertemu dengan sapi di peternakan, sekarang setiap hari menghadapi lalu lintas yang padat di Washington DC,” kata Lauren sambil tertawa.

Lauren menyampaikan keinginannya untuk kembali mengunjungi Indonesia, setelah kunjungan pertamanya ke beberapa daerah di Tanah Air yaitu Bali, Bogor, dan Jakarta.

“Saya pernah ke Indonesia tahun 2005 untuk acara reuni keluarga. Saya sangat senang karena banyak kerabat yang datang sambil berkaraoke,” ujarnya mengenang perjalanannya ke Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Mahendra juga secara khusus mengundang Lauren untuk hadir di perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI di Wisma Indonesia, Washington DC, Agustus mendatang.

Baca juga: Dua universitas Amerika Serikat buka Program Indonesia
Baca juga: Pakar sebut jempol Trump ke Jokowi tanda dukungan


 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar