Makassar (ANTARA) - Ketua Kloter V Kabupaten Gowa Embarkasi Hasanuddin, Beni Susanto melaporkan dari Madinah, Arab Saudi bahwa seorang calon haji asal Gowa mengalami kelelahan yang mengakibatkan kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi dan harus diinfus.

"Hari ini (Sabtu) pukul 06.30 waktu Arab Saudi ada satu calhaj yang terpaksa kami infus karena dehidrasi dan suhu tubuh 40 derajat," ungkapnya yang dihubungi dari Makassar melalui sambungan whatsapp, Sabtu.

Haeruddin bin Baco (49 th) dianggap kelelahan lantaran harus berjalan dari rumah ke masjid dengan jarak rumah sekitar 700-800 meter sehingga jarak untuk pulang-pergi masjid sekitar 1 ,5 km.
Ketua Kloter V Kabupaten Gowa Embarkasi Hasanuddin, Beni Susanto. ANTARA Foto/HO/Ketua Kloter V Kabupaten Gowa


"Jadi kalau mau lakukan sholat arbain, pulang pergi mencapai jarak 1500 meter atau 1,5 km," tandasnya.

Meski demikian, saat ini kondisi Haeruddin berangsur membaik dan tengah ditangani oleh tim kesehatan kloter V Kabupaten Gowa yakni dr Muh Rizal dan dibantu perawat Hj Kartini Jabbar.

Sejauh ini, kata Beni Susanto, dari 450 calhaj kloter V Kabupaten Gowa, hanya sebagian kecil yang sering datang ke posko petugas untuk melakukan konsultasi kesehatan.

"Alhamdulillah jamaah sementara lakukan rutinitas ibadah arbain, sejauh ini jamaah baik-baik saja," katanya

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019