Kami berharap kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan
Medan (ANTARA) - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan bersama PT Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) Medan, menggelar aksi Gerakan Indonesia Bersih (GIB) di kawasan Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara, Minggu, dalam upaya mengkampanyekan budaya hidup bersih dan sehat.

Kegiatan itu bertujuan untuk memanfaatkan kegiatan Car Free Day (CFD), dengan mengedukasi serta meningkatkan kesadaran masyarakat agar menjaga kebersihan setiap sudut Kota Medan.

Kepala Dinas DKP Kota Medan Husni mengatakan, kegiatan GIB menjadi kegiatan rutin bersama sejumlah pemangku kepentingan dalam komitmen mengampanyekan budaya hidup bersih melalui kegiatan sosial.

‘’Sebab, kebersihan merupakan tanggung jawab kita semua. Untuk itu, kami berharap kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,’’ katanya.

Ia mengimbau kepada sejumlah pedagang yang berjualan di sekitar arena CFD untuk bertanggung jawab terhadap sampah hasil dari dagangannya.

‘’Kami harapkan pedagang tidak meninggalkan sampah di lokasi ini. Begitu juga dengan pembeli, agar membuang sampah di tempat-tempat sampah yang telah disediakan Pemkot Medan. Ini demi kenyamanan kita bersama,’’ katanya.

Sementara itu, General Manager PT CCAI Dwi Hardjono mengapresiasi komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dalam mengampanyekan budaya peduli kebersihan lingkungan terhadap masyarakat.

Pihaknya siap untuk mendukung upaya Pemkot Medan merawat serta menjaga kebersihan Kota Medan melalui berbagai kegiatan sosial yang digelar.

‘’Kebersihan Kota Medan menjadi tanggung jawab kita semua. Mari kita ambil peran untuk berkontribusi melakukan dan memberikan yang terbaik bagi Kota Medan,’’ ujarnya.

Aksi GIB ini dimulai dengan berkeliling mengitari Lapangan Merdeka untuk mengutip sejumlah sampah sekaligus mengimbau kepada masyarakat yang tengah melakukan berbagai kegiatan olahraga untuk mewadahi sampahnya masing-masing.

Baca juga: Medan deklarasikan perempuan peduli lingkungan

Baca juga: Kota Medan-Jepang kerja sama bangun bank sampah

Baca juga: Aksi bersih Sungai Deli digagas Pegadaian bersama masyarakat


Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019