Info Haji

Mukomuko bantu transportasi pemberangkatan jemaah calon haji

Mukomuko bantu transportasi pemberangkatan jemaah calon haji

Ratusan calon haji asal Kabupaten Mukomuko sedang mengikuti manasik haji yang diselenggarakan oleh Kantor Kementrian Agama (Kemenag) setempat.(Foto Istimewa)

Mukomuko (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membantu transportasi berupa bus untuk pemberangkatan jamaah calon haji dari balai daerah setempat ke asrama haji di Kota Bengkulu, guna meringankan beban jamaah calon haji asal daerah setempat. “Pemerintah setempat yang yang membantu biaya transportasi pemberangkatan jamaah calon haji dari balai daerah ke asrama haji di Kota Bengkulu, sama seperti tahun sebelumnya,” kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko Ali Muda dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, Pemkab Mukomuko telah menyiapkan sebanyak lima bus Damri untuk pemberangkatan sebanyak 202 jamaah calon haji dari balai daerah ke asrama haji di Kota Bengkulu.

Dari sebanyak lima bus Damri tersebut, katanya, setiap bus memuat masing-masing sebanyak 40 hingga 41 jamaah calon haji asal daerah ini dan seluruh  bus berangkat dari balai daerah.

“Semua jamaah calon haji berangkat dari balai daerah, termasuk jemaah calon haji dari wilayah yang paling jauh dari ibu kota kabupaten setempat seperti di Kecamatan Ipuh,” ujarnya.

Ia menyebutkam, sebanyak 202 jemaah calon haji daerah ini, atau berkurang dari kuota sebanyak 205 orang karena dua jamaah calon haji di antaranya meninggal dunia dan satu menunda berangkat.

Ia mengatakan, dua dari tiga orang jamaah calon haji yang batal berangkat ke Tanah Suci Mekkah karena meninggal dunia, yakni atas nama Wito Sumarto (80), warga Kecamatan Air Rami. Dia meninggal dunia pada hari Senin (1/7).

Kemudian satu calon haji yang meninggal dunia atas nama Hayun (75) warga Desa Wonosobo. Calon haji ini meninggal dunia di RSUD pada Kamis (11/7). Yang bersangkutan ini masuk dalam kuota tambahan.

Sementarasatu calon haji dengan usia tergolong masih muda menunda berangkat ke Tanah Suci Mekkah karena tahun ini ada kegiatannya di perguruan tinggi tempatnya kuliah yang tidak bisa ditinggalkan, sehingga yang bersangkutan menunda berangkat menunaikan ibadah haji dan rencananya berangkat ke Tanah Suci Mekkah pada tahun depan.

Ia mengatakan, sebanyak 202 orang jemaah calon haji berangkat dari daerah ini menuju ke asrama haji di Kota Bengkulu tanggal 14 Juli 2019 setelah shalat Isha atau sekira pukul 08.00 WIB.

Sebanyak ratusan orang jemaah calon haji asal daerah ini yang tersebar di 15 kecamatan berangkat dari balai daerah pemerintah setempat menunggunan sebanyak lima mobil bus Damri.

Baca juga: Mukomuko bekali puluhan jemaah haji obat antihipertensi
Baca juga: 2.091 calon haji Jambi diberangkatkan tahun ini
Baca juga: Jemaah haji Jambi diberangkatkan dari Palembang karena kabut asap


Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar