Jakarta (ANTARA) - Pertemuan antara Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dengan rivalnya dalam Pilres 2019 Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan hingga Senayan, pada Sabtu (13/7), memunculkan keterkejutan bagi netizen.

Indonesia Indicator (I2) melalui kajian analisis media sosial mencatat, sejak pukul 11.30 hingga 17.35 WIB, terdapat sebanyak 56 ribu percakapan yang ditujukan pada Jokowi. Sementara, percakapan yang menyebut nama Prabowo mencapai 101.027.

"Sebanyak 79 persen netizen yang merespons pertemuan bersejarah kedua tokoh itu adalah kaum milenial," kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang, di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Jokowi dan Prabowo naik kereta MRT bersama

Baca juga: Jokowi-Prabowo makan sate bersama di Senayan


Menurut Rustika, pada percakapan di Twitter yang menyebut nama Prabowo, netizen terlihat ada kesan kecewa, kaget, dan sedih saat pertemuan tersebut terjadi. Secara garis besar, emosi yang ditujukan kepada Prabowo lebih bervariasi.

"Hal itu diakibatkan karena percakapan soal rekonsiliasi masih menjadi isu di kalangan pendukung Prabowo di linimasa," tuturnya.

Baca juga: Ansor: Yang tak suka pertemuan Jokowi-Prabowo pasti pihak ketiga

Rustika mengungkapkan, saat pertemuan itu terjadi perbedaan pendapat antara netizen yang sepakat rekonsiliasi dan tidak setuju terlihat begitu kontras.

Percakapan tentang Jokowi dan Prabowo pascapilpres hampir tiap hari bergaung di linimasa Twitter. Setiap hari, selalu saja ada "trending topic" yang senantiasa dimunculkan oleh para netizen tentang harapan mereka terhadap capres dan cawapresnya.

"Salah satu isu besar yang dimunculkan dan menjadi perdebatan adalah isu rekonsiliasi. Ada yang setuju dan ada yang tidak setuju," ucap Rustika.

Menurut dia, sepanjang Sabtu (13/7), Prabowo menjadi sentral percakapan netizen.

Sementara itu, pada percakapan yang dominan menyebut nama Jokowi, pada awalnya terlihat bahwa emosi "trust", dukungan, kesepakatan pada keputusan Jokowi merupakan emosi terbesar.

Selain itu, emosi "joy" yang mengutarakan kesenangan dan emosi "anticipation" yang berisi harapan terhadap pertemuan itu juga diungkapkan oleh netizen melalui cuitannya.

"Pernyataan Jokowi soal 'cebong' dan 'kampret' paling banyak dikutip oleh netizen, dan lagi, direspons dengan berbagai emosi," ujar Rustika.

Baca juga: Pelukan Joko Widodo-Prabowo yang menyejukkan

 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019