Pemerintah Kabupaten Kupang mengapresiasi terhadap upaya dua desa di Kabupaten Kupang yang telah berinisiatif menggunakan dana desa untuk pembangunan sektor pariwisata. Hal seperti itu sangat postif dalam mempercepat pembanguann ekonomi masyarakat de
Kupang (ANTARA) - Wakil Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jerry Manafe mengapresiasi dua desa di kabupaten tersebut yang telah berinisiatif mengunakan alokasi dana desa (ADD) untuk membangun potensi wisata dalam mempercepat pembangunan ekonomi masyarakat desa.

"Pemerintah Kabupaten Kupang mengapresiasi terhadap upaya dua desa di Kabupaten Kupang yang telah berinisiatif menggunakan dana desa untuk pembangunan sektor pariwisata. Hal seperti itu sangat postif dalam mempercepat pembanguann ekonomi masyarakat desa," kata Jerry Manafe di Kupang, Senin.

Jerry Manafe mengatakan hal itu terkait adanya terobosan dilakukan dua desa yang memanfaatkan alokasi dana desa untuk membangun potensi pariwisata dalam mendukung pembangunan desa.

Dua desa di Kabupaten Kupang yang melakukan inovasi pengembangan pariwisata yaitu Desa Mata Air di Kecamatan Kupang Tengah, mengembangkan potensi wisata Pantai Sulamanda.

Sedangkan Desa Nekbaun, Kecamatan Amarasi Barat mengembangkan potensi wisata alam Pantai Tub Afu, selatan Pulau Timor sebagai destinasi wisata unggulan.

Dua lokasi wisata itu saat ini telah menjadi lokasi wisata bagi warga Kota Kupang maupun Kabupaten Kupang pada saat hari libur.

Wakil Bupati Jerry Manafe mengatakan, wilayah Kabupaten Kupang yang berbatasan dengan wilayah Oecusse, Timor Leste memiliki potensi wisata alam yang indah namun belum dikelola dengan baik.

"Kepala desa harus memiliki inovasi dalam mengali potensi desa. Apabila ada potensi wisata maka gunakan sebagian dana desa itu untuk membangun pariwisata seperti dilakukan dua desa yang sektor pariwisatanya semakin berkembang pesat," tegas Jerry.

Menurut mantan wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang itu apabila kunjungan wisatawan semakin pesat maka pemasukan untuk APBD Desa akan bertambah.

"Inovasi dilakukan para kepala untuk kesejahteraan warga desa jangan hanya fokus pada sektor pariwisata tetapi juga mengali potensi pada sektor pertanian, perkebunan sehingga daerah ini memiliki desa yang maju, mandiri dan sejahtera," kata Jerry Manafe.

Baca juga: Padat karya melalui ADD di Lebak serap 13.800 pekerja

Baca juga: Mendes dorong ADD bentuk BUMDes perkuat ekonomi


 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019