counter

Wakil Wali Kota Jakbar kunjungi pengungsi suaka di Kalideres

Wakil Wali Kota Jakbar kunjungi pengungsi suaka di Kalideres

Wakil Walikota Jakarta Barat Muhammad Zen (dua dari kanan) berkunjung ke pengungsi suaka di penampungan sementara gedung bekas Komando Militer, (Kodim) Kalideres, Jakarta Barat, Senin (15/7/2019). (ANTARA/AstridFaidlatulHabibah)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Wali Kota Jakarta Barat Muhammad Zen mengunjungi para pengungsi suaka yang berada di penampungan sementara gedung bekas Komando Militer, (Kodim) Kalideres, Jakarta Barat, Senin.

Zen tiba di lokasi sekitar pukul 11.30 WIB didampingi oleh pihak Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, dan aparat pemerintahan lainnya.

“Memang siang ini saya ke sini dalam rangka memantau kondisi para pengungsi yang ditempatkan di Kantor Eks Kodim Jakarta Barat,” kata Zen.

Baca juga: Pengungsi ingin pindah ke penampungan yang lebih layak
Baca juga: Warga sekitar penampungan tolak keberadaan pengungsi


Zen menjelaskan bahwa dulu tempat ini dipenuhi oleh semak belukar, lalu dibersihkan oleh pihak pemerintah Jakarta Barat khusus untuk para pengungsi suaka tersebut.

“Dulu kantor ini halamannya sangat rimbun. Kita upayakan untuk membersihkan. Boleh dilihat kan sudah bersih dan mereka layak untuk menempati ini,” katanya.

Zen melanjutkan bahwa ini adalah tugas kemanusiaan sehingga semua pihak harus saling mendukung dan membantu para pengungsi itu.

“Ada sekitar 1.300 orang di sini, kita berupaya untuk selalu memberikan yang terbaik karena ini adalah tugas kemanusiaan jadi akan selalu kita perhatikan,” ujarnya.

Zen memastikan bahwa seluruh kebutuhan para pengungsi mulai dari logistik berupa makanan, minuman, air bersih, hingga tim medis untuk kesehatan.

“Kita siap dari Dinas Sosial dan Suku Dinas Sosial Jakarta Barat siap untuk membantu makan dua kali sehari siang dan malam. Mungkin perlu makanan bayi saja yang belum,” katanya.

Lebih lanjut, Zen juga mengimbau kepada seluruh pengungsi suaka untuk bisa menjaga ketertiban dan keamanan antar pengungsi maupun warga sekitar.

“Tolong dijaga keamanan dan ketertibannya. Kalau malam juga dijaga,” katanya.

Baca juga: Balada pengungsi korban perang di Jakarta
Baca juga: Puskesmas Kalideres sosialisasikan gaya hidup bersih ke pencari suaka


Para pencari suaka ikuti lomba 17 Agustus-an

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar