Tenis Wimbledon 2019

Strycova capai gelar peringkat pertama ganda putri

Strycova capai gelar peringkat pertama ganda putri

Raket Tenis Lapangan. (ilustrasi)

Jakarta (ANTARA) - Petenis Ceko Barbora Strycova, yang memenangkan gelar Grand Slam pertamanya di Wimbledon berpasangan dengan Hsieh Su-wei (Taiwan) untuk gelar ganda putri, akan menjadi petenis putri ke-43 yang akan mencapai gelar peringkat pertama dunia WTA untuk nomor ganda putri.

Pada hari Minggu WTA mengumumkan bahwa Strycova akan naik ke "WTA World No.1" di nomor ganda untuk pertama kalinya dalam karirnya saat format peringkat resmi dikeluarkan hari Senin 15 Juli.

"Merupakan kehormatan besar untuk menjadi pemain ganda nomor satu dunia. Saya sangat senang memenangkan Grand Slam pertama saya dan saya tidak mungkin berhasil di sini tanpa Hsieh yang luar biasa. Kami telah melakukan begitu banyak aksi dan saya bangga dengan semua pencapaian kami bersama," tutur Strycova melansir wtatennis.com, Senin.

Dengan merebut gelar ganda Grand Slam perdananya di Wimbledon, bersama mantan pemain ganda nomor satu Hsieh, Strycova menjadi wanita ketujuh yang mewakili Republik Ceko yang mencapai peringkat tersebut.

Dia bergabung dengan rekan senegaranya Helena Sukova, Jana Novotna, Kveta Peschke, Lucie Safarova, Barbora Krejcikova dan Katerina Siniakova dalam posisi puncak itu.

Strycova merebut posisi tersebut dari Kristina Mladenovic, yang telah menahan gelar peringkat pertama dunia selama lima minggu terakhir.

Di usianya yang ke-33 tahun dan 109 hari, Strycova menjadi pemain tertua kedua yang debut sebagai "World No.1" di nomor ganda setelah Kveta Peschke pada 2011 yang kala itu berusia 35 tahun, 361 hari.

Selama 12 bulan terakhir Strycova telah mengangkat enam piala ganda WTA dari delapan final, termasuk gelar di Connecticut Open 2018 di New Haven dan China Open di Beijing, Dubai Open 2019, Mutua Madrid Open, Birmingham Open, dan Wimbledon.

"Meraih peringkat pertama di nomor ganda adalah cerminan dari kerja keras dan dedikasi yang telah dilakukan Barbora. Selamat kepada Barbora atas pencapaian yang sangat istimewa ini yang menyoroti kariernya yang luar biasa di tunggal maupun ganda," ujar Ketua dan CEO WTA Steve Simon.

Baca juga: Strycova amankan semifinal Grand Slam pertamanya di Wimbledon

Penerjemah: Roy Rosa Bachtiar
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tenis Ganda Campuran menjadi penutup yang manis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar