Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Inggris Robbie Williams mengaku pernah mengidap agoraphobia yakni ketakutan berlebihan untuk pergi ke luar rumah, menurut NME dikutip Senin.

Mantan anggota boyband Take That itu mengungkapkan hal itu saat tampil di BST Hyde Park pada Minggu (14/7).

Gara-gara penyakit yang diderita pada 2006 hingga 2009 itu, dia mengaku tak sanggup muncul di hadapan publik. Dia bahkan tak sanggup "meninggalkan sofa" dan tak bisa kerja, termasuk menjadi juri American Idol karena pikiran melarangnya pergi ke mana-mana.

"Karirku melejit ke stratosfer dan membawaku ke Mars dan aku perlu waktu untuk kembali ke titik keseimbanganku untuk menyembuhkan diri," katanya.

"Tubuh dan pikiranku melarangku pergi, aku tak bisa melakukan apa pun. Pikiranku bilang aku harus menunggu saja - jadi aku cuma duduk dan menunggu. Aku kena agoraphobic sekitar tahun 2006 hinga 2009. Itu tahun-tahun di mana aku cuma pakai kaftan kasmir, makan Kettle Chips dan menumbuhkan jenggot dan diam di rumah."

Berbicara soal pekerjaan yang harus dia tolak karena kondisinya, Williams menambahkan: “Saya ingat mereka menawari saya 15 juta ponsterling untuk menggantikan Simon Cowell di American Idol, ditambah pertunjukan besar di Amerika, tetapi saya menolaknya karena saya tidak bisa meninggalkan sofa pada saat itu. Saya tidak bisa."

"The Killers" menyembuhkannya

Williams mengungkapkan bahwa lagu The Killers, "Human" membantunya pulih dari penyakit, khususnya di bagian lirik lagu: "Dan kadang-kadang saya gugup, ketika saya melihat pintu yang terbuka."

Dia menjelaskan: "Aku ingat mendengarkan lagu Killers dan sesuatu pada saat itu membuatku berpikir, 'aku bangkit, menggarap album dan tur'."

Setelah sesi terapi lebih lanjut, Williams kembali pada tahun 2009 dan berpikir bahwa reuni dengan Take That juga berperan dalam pemulihannya.

“Itu bukan proses yang mudah, itu seperti mengalami kecelakaan mobil dan kemudian belajar berjalan lagi. Jika bukan karena Take That, dan bergabung kembali dengan mereka, aku tidak tahu apakah aku bisa kembali. Awalnya, aku harus bersembunyi - aku bisa bersembunyi di belakang mereka. Mereka banyak membantu. ”

Baru-baru ini, Williams juga blak-blakkan soal alasannya meninggalkan The X Factor setelah satu seri.

"Aku punya album untuk dipromosikan," katanya. "Aku akan pergi ke mana-mana untuk mempromosikan itu. Kami sangat ingin itu berjalan dengan The X Factor, tetapi itu tidak akan berhasil. Dan itu akan dilanjutkan. Aku dan Simon [Cowell] adalah teman baik. Keluarga kami adalah teman. Anak-anak kami suka main bareng."

"Itu hanya jeda pada hubungan dan kemudian akan melanjutkan. Tapi tahun ini aku harus pergi dan promo album."

Baca juga: Fox minta maaf atas gestur jari tengah Robbie Williams

Baca juga: Robbie Williams bikin heboh, acungkan jari tengah usai pembukaan Piala Dunia

Baca juga: Robbie Williams juga demam panggung

 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019