counter

Info Haji

Dua kloter JCH embarkasi Batam laksanakan Miqat di Bir Ali

Dua kloter JCH embarkasi Batam laksanakan Miqat di Bir Ali

Kadaker Mekkah Subhan Cholid (kiri) memastikan kesiapan Hotel Al Oksh yang akan melayani jemaah calon haji Indonesia (Hanni Sofia)

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Dua kloter Jamaah Calon Haji (JCH) dari Embarkasi Batam  tepat pukul 17.00 WAS sudah selesai melaksanakan ihram miqat di Birr Ali yaitu kloter 2 yang jamaahnya berasal dari Pekanbaru dan kemudian disusul oleh kloter 1 yang berasal dari Kepri.

"Alhamdulillah semua jamaah dapat melaksanakan miqat dengan sempurna, walaupun ada dua jamaah yang memakai kursi roda namun didampingi tim medis kloter serta dibantu oleh petugas PPIH Birr Ali mereka bisa masuk ke masjid solat sunat dan berniat," kata Pranata humas ahli, Kanwil Kemenag Riau Vethria Rahmi di Pekanbaru,
Senin.

Menurut Rahmi seperti dilaporkan Dahlan, PPIH Arab Saudi asal Riau, walaupun jamaah sudah berniat di dalam mesjid, namun untuk memastikan dan memantapkan, panitia PPIH Arab Saudi seksi bimbingan ibadah menganjurkan jamaah agar berniat lagi di dalam bus sebelum meninggalkan Birr Ali.

Ia menyebutkan, perjalanan sebelumnya JCH Indonesia asal Riau BTH 2 sektor 5 Madinah bergeser dari Madinah ke Makkah, Minggu (14/7) pukul 15.35 WAS atau 19.35 WIB.

Mereka diberangkatkan sore hari dan tiba di Mekkah malam hari waktu Arab Saudi Arabia tepatnya 00:00 WAS. Mereka akan menjalankan umrah wajib setelah melaksanakan ibadah Arbain selama sepekan di Madinah.

Pada perjalanan ke Mekkah, jamaah calon akan transit terlebih dulu di Bir Ali atau Masjid Dzul Hulaifa. Lokasi ini juga menjadi pos atau sektor petugas haji Indonesia.

"Ini adalah transit jamaah pada saat pergerakan dari Madinah ke Mekkah, di mana akan diistirahatkan di Dzul Hulaifa untuk persiapan awal proses ibadah umrahnya. Nanti di Masjid Dzul Hulaifa jemaah mulai solat sunah, niat umrah, juga proses pengecekan terakhir apakah syarat-syarat terkait ibadah umrah sudah dipenuhi," kata Rialis selaku Ketua Kloter BTH 2 Pekanbaru.

Rialis menyebut jemaah sempat beristirahat setelah menempuh perjalanan selama 4 jam dari Madinah menuju Mekkah.

"Jamaah menyempatkan diri makan malam yang sudah dibekali oleh sektor 5 dan bisa istirahat lebih kurang 1 jam," kata Rialis.

Bus yang membawa 441 jamaah, ditambah dengan 5 petugas ini fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah Arab Saudi. Mereka diangkut dengan 10 bus, masing masingnya bus 1, 2 dan 3 diisi oleh 45 jamaah. Bus 4 dan 5 diisi oleh 44 jamaah.

Sedangkan Bus 6 yaitu Abu sahad, 1656 diisi 47 orang, bus 7 Abu sahad, 1656 diisi 45 orang, bus 8: Abu sahad, 1351 (45 orang), bus 9 : Abu sahad, 1233 (44 orang), bus 10: Abu sahad, 1675 (42 orang). Bus pertama sampai pukul 15.35 WAS dan bus terakhir 15.38 WAS.

Baca juga: Rombongan pertama calon haji Indonesia tiba di Mekkah

Baca juga: 52 kloter jamaah Embarkasi Makassar tempati 36 hotel di Mekkah

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Empat orang haji tidak ikut di kloter terakhir

Komentar