Atlanta (ANTARA) - Seorang tentara Amerika Serikat, yang tewas di Afghanistan, pada Minggu (14/7) dipastikan sebagai anggota pasukan khusus Sersan Mayor James G ‘Ryan’ Sartor dari Teague, Negara Bagian Texas, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan AS.

Sartor, usia 40 tahun, pada Sabtu (13/7) karena luka-luka akibat tembakan senjata ringan musuh dalam operasi tempur di Provinsi Faryab, bagian utara Afganistan.

Menurut keterangan Kementerian Pertahanan AS, Sartor ditugaskan ke Batalion 2, Pasukan Khusus ke-10 (Lintas Udara), Fort Carson, Colorado.

Menurut laporan media independen the Army Times, Sartor bergabung dengan Angkatan Darat AS pada tahun 2001 dan ditugaskan ke Divisi Infanteri 3 sebagai anggota infanteri.

Dia kemudian menyelesaikan pelatihan pasukan khusus dan beberapa kali ditugaskan ke Irak dan Afganistan mulai tahun 2002. Dia juga menjadi anggota pasukan khusus (United States Army Special Forces) yang dikenal dengan Baret Hijau.

Sersan Mayor James G ‘Ryan’ Sartor telah menerima beberapa lencana dan penghargaan selama kariernya, termasuk Bintang Perunggu (Bronze Star) serta Valorous Unit Award.

Setelah kematiannya, dia akan dianugerahi medali Purple Heart secara anumerta. Medali tersebut adalah penghargaan militer yang diberikan atas nama Presiden AS kepada mereka yang terluka atau meninggal saat bertugas.

Sumber: Reuters

Baca juga: AS berencana tarik 5.000 tentara dari Afghanistan

Baca juga: NATO selidiki serangan udara mematikan AS di Afghanistan


Penerjemah: Aria Cindyara
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2019