counter

Info Haji

Tiga orang Calhaj Kloter 3 Batam ditunda berhaji karena sakit

Tiga orang Calhaj Kloter 3 Batam ditunda berhaji karena sakit

Jamah Haji Indonesia saat hendak menaiki pesawat menuju Makkah. (Foto : Antara/Ist)

Kecuali secara medis jemaah itu mampu melakukan perjalanan jauh, karena jarak Madinah ke Makkah cukup jauh, sekitar 400 km lebih, 6 hingga 7 jam, karenanya kondisi fisik jemaah juga menjadi perhatian,
Kota Pekanbaru (ANTARA) - Tiga orang Calon Haji (Calhaj) tergabung dalam kelompok terbang (kloter) tiga embarkasi Batam (BTH) yakni Nismah Jailani, Subli dan Norsiah ditunda melaksanakan ibadah haji karena sakit dan menjalani perawatan intensif dokter kesehatan.

"Berdasarkan diagnosa Tim Kesehatan Kloter 3 BTH jamaah Nismah Jailani ditunda berangkat ke Mekkah karena menderita penyakit colik Abdomen Suspect peritonitis acute, dan masih dirawat," kata Pranata humas ahli, Kanwil Kemenag Riau, Vethria Rahmi di Pekanbaru, Senin.

Menurutnya seperti disampaikan dr. Aulia, bahwa kondisi pasien Nirmah memang dalam keadaan stabil, namun tetap dilakukan pemantauan oleh Tim Kesehatan Kloter dan akan dilakukan di CT scan di Saudi Germany Hospital.

Sedangkan dua jamaah lainnya sama-sama dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonsia (KKHI) Makkah yakni subli dan berdasarkan hasil diagnosa terkena stroke Haemorragic, dan seorang lainnya Norsiah, dengan diagnosa cardiomegali yang juga dipasang face maker.

Penyakit ini merupakan tanda dari kondisi lain seperti masalah katup jantung atau penyakit jantung. Hal ini juga mungkin menandakan adanya serangan jantung sebelumnya, dan dapat terjadi akibat stres tubuh.

Vethria Rahmi menjelaskan seperti dilaporkan anggota tim medis TKHD Kloter 3, Destri Arisna bahwa tim medis yang mendampingi akan melihat secara cermat kondisi setiap jamaah haji.

"Kecuali secara medis jemaah itu mampu melakukan perjalanan jauh, karena jarak Madinah ke Makkah cukup jauh, sekitar 400 km lebih, 6 hingga 7 jam, karenanya kondisi fisik jemaah juga menjadi perhatian," jelasnya.

Baca juga: Embarkasi Batam telah berangkatkan 4.919 JCH

Menurut rencana jadwal pergerakan jamaah haji dari Madinah ke Makkah gelombang pertama kloter 3 BTH pada Selasa (16/7).

Pertama kloter 1 dan 2 BTH, yang saat ini sudah berada di Mekkah. Untuk Kloter BTH 2 Pekanbaru berjumlah 446 jamaah, sudah termasuk 5 petugas penyertai. Mereka tiba di Makkah Royal Hotel pada pukul 11.00 WAS atau pukul 03.00 WIB dini hari.

Ketua kloter jemaah kloter 3 BTH melakukan koordinasi dengan sektor Madinah untuk persiapan pemberangkatan ke Mekkah, Selasa (16/7) pukul 12.00 WAS atau 16.00 WIB.

Sementara itu jamaah haji kloter 3 BTH juga sedang melakukan manasik haji di lantai M Hotel Al Fairoz Kartaj.

Baca juga: JCH diimbau gunakan alat pelindung diri

Klinik Kesehatan Haji Indonsia (KKHI) Makkah menyiapkan tim visitasi. Tim ini bertugas mengunjungi pasien-pasien jamaah haji Indonesia yang sakit dan dirujuk ke rumah sakit Arab Saudi.

"Jemaah tidak perlu khawatir, tak perlu takut karena ada tim visitasi, untuk itu bila ada jamaah yang masih dirawat di KKHI, RS AS agar segera melaporkan di grup Visitasi. Tim visitasi terdiri dari tiga orang tiap tim meliputi dokter, perawat, dan tenaga penghubung.

Baca juga: Gubernur Riau minta seluruh petugas haji mencontoh embarkasi Batam

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar