counter

Menkeu AS sebut kesepakatan naikkan plafon utang AS semakin dekat

Menkeu AS sebut kesepakatan naikkan plafon utang AS semakin dekat

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin memberikan pengarahan tentang mata uang kripto di Gedung Putih di Washington, AS, pada 15 Juli 2019. REUTERS/Kevin Lamarque

Itu adalah pilihan pertama, dan saya pikir ... kita semakin dekat
Washington (ANTARA) - Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pada Senin (15/7/2019) bahwa pemerintahan Trump dan Kongres semakin dekat dengan kesepakatan untuk meningkatkan plafon utang AS, dan ia mendesak anggota parlemen untuk mengambil tindakan terhadap masalah ini sebelum pergi reses Agustus.

Selain itu, Mnuchin dan para pemimpin kongres telah membahas kemungkinan kesepakatan anggaran dua tahun yang akan menetapkan tingkat pengeluaran federal keseluruhan untuk tahun fiskal 2020, yang dimulai pada 1 Oktober, dan untuk tahun fiskal 2021, katanya kepada wartawan dalam sebuah pengarahan di Gedung Putih.

Mnuchin mengatakan dia tidak melihat penutupan pemerintah membayangi masalah ini. Dia mengatakan ada preferensi di kedua belah pihak untuk menyetujui kenaikan plafon utang dan pakta anggaran.

"Itu adalah pilihan pertama, dan saya pikir ... kita semakin dekat," kata Mnuchin, dilansir Reuters.

Kewenangan meminjam AS dapat habis suatu waktu pada September, menurut perkiraan terbaru pemerintah, bukan pada Oktober atau November, seperti yang telah diproyeksikan sebelumnya.

Itu berarti pemerintah bisa mencapai batas kreditnya tepat ketika Kongres kembali ke sesi di musim gugur jika tidak mencapai kesepakatan untuk menaikkan batas utang sebelum itu.

Tanpa perpanjangan kewenangan itu, Departemen Keuangan akan kesulitan mendapatkan pemberi pinjaman untuk terus melayani utang publik yang telah mencapai 22 triliun dolar AS, berpotensi menyebabkan gagal bayar (default) yang kemungkinan akan mengguncang pasar keuangan global.

Tanpa kesepakatan anggaran, program pertahanan dan non-pertahanan dapat menghadapi pemotongan pengeluaran yang dalam dan lintas batas yang ingin dihindari oleh sebagian besar Partai Republik dan Demokrat atau penutupan sebagian pemerintahan.

Mnuchin mengatakan semua pihak ingin mencapai kesepakatan tentang masalah anggaran, bersama dengan pagu utang.

Dia mengatakan bahwa jika kesepakatan tentang semua masalah tidak tercapai sebelum anggota parlemen dijadwalkan untuk istirahat musim panas, mereka harus tetap tinggal atau menyetujui peningkatan plafon utang itu sendiri.

"Saya pikir kita sudah sangat dekat dengan suatu kesepakatan, tetapi seperti yang Anda tahu, kesepakatan ini rumit," katanya.

Pekan lalu, Pemimpin Mayoritas Senat Republik Mitch McConnell mengatakan, "Tidak akan ada pertanyaan bahwa kita akan menaikkan plafon utang," tetapi dia tidak memprediksi kapan undang-undang dapat melewati Kongres.

Baca juga: Defisit anggaran Amerika Serikat melebar jadi 747 miliar dolar
Baca juga: IMF sebut utang publik AS berada di jalur yang tidak berkelanjutan
Baca juga: Kemenkeu AS ambil langkah luar biasa hindari pelanggaran pagu utang

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar