counter

Presiden Prancis akan bicara dengan Rouhani, Putin, Trump soal Iran

Presiden Prancis akan bicara dengan Rouhani, Putin, Trump soal Iran

Presiden Prancis Emmanuel Macron melambaikan tangannya di samping Kepala Staf Jenderal Angkatan Bersenjata Prancis Francois Lecointre saat mereka meninjau pasukan sebelum dimulainya parade militer Bastille Day di Champs-Elysees Avenue di Paris, Prancis, Minggu (14/7/2019). Foto diambil tanggal 14 Juli 2019. (REUTERS/POOL)

Belgrade (ANTARA) - Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan, Senin (15/7), bahwa ia akan berbicara dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pekan ini.

Pendekatan akan dijalankan Macron terhadap ketiga pemimpin itu sebagai bagian dari upaya Prancis mencegah peningkatan ketegangan di Timur Tengah.

"Momentum yang telah kita bangun dalam beberapa pekan terakhir ini, menurut saya, telah mencegah hal terburuk muncul dan tanggapan berlebihan dari pihak Iran," kata Macron dalam acara jumpa pers bersama dengan mitranya dari Serbia.

"Pada saat-saat sulit ini, kami akan terus menjalankan upaya untuk menengahi dan mewujudkan perundingan," katanya, menambahkan.

Pada kesempatan itu, Macron juga mengatakan bahwa ia belum menerima "penjelasan yang sahih" dari pihak berwenang Iran menyangkut penahanan seorang perempuan berkewarganegaraan ganda Prancis dan Iran, yang bernama Fariba Adelkhah, di Iran.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pemimpin Eropa bersama Presiden Macron ikuti parade Hari Bastille

Baca juga: Presiden Prancis akan bahas Suriah, Iran, Ukraina dengan Putin

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ratusan pencari suaka di Pekanbaru lakukan aksi damai

Komentar