counter

Produser "Wolf of Wall Street" kembalikan uang skandal 14 juta dolar

Produser "Wolf of Wall Street" kembalikan uang skandal 14 juta dolar

Riza Aziz (kanan) bersama Joey MCFarland (kiri), salah satu produser film "The Wolf of Wall Street". (REUTERS/Fred Prouser)

Jakarta (ANTARA) - Salah satu produser film "The Wolf of Wall Street", Joey McFarland, dikabarkan akan mengembalikan uang senilai 14 juta dolar Amerika Serikat beserta sejumlah hadiah berupa barang mewah terkait dengan skandal pencucian uang 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Barang mewah yang akan dikembalikan McFarland kepada pemerintah termasuk sebuah lukisan Basquiat, poster-poster film vintage dan dua jam Rolex, seperti dilansir Pagesix, Selasa.

McFarland adalah pimpinan produksi di Red Granite, yakni sebuah perusahaan yang mendanai film laris yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio. Bisnis itu rupanya didirikan oleh Riza Aziz, yang tak lain merupakan anak tiri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

Tetapi McFarland, yang konon meninggalkan perusahaan itu akhir tahun lalu, terseret ke dalam skandal internasional saat dituduh menggunakan uang untuk mendanai film pada 2013 tersebut dari uang 1MDB.

Dalam pendaftaran perkara ke pengadilan yang dilakukan Senin, pengacara McFarland menekankan bahwa kliennya tidak mengetahui bahwa pendanaan atau hadiah-hadiah mewah yang diterimanya berasal dari uang yang dicuri.

Awal bulan ini, Aziz ditangkap di Malaysia atas dugaan pencucian uang dan menggunakan dana 1MDB untuk film-film Red Granite. Dia membantah melakukan kesalahan, sementara ayah tirinya dan ibunya juga didakwa melakukan korupsi.

Aziz terus memperjuangkan bagiannya dari uang tunai perusahaan dan mengajukan dokumen pada Senin untuk terus memperjuangkan masalah ini.

Red Granite sendiri telah membayar 60 juta dolar AS ke pemerintah Amerika untuk menyelesaikan klaim terkait skandal 1MDB, yang katanya didalangi oleh sahabat Azis, pengusaha misterius Malaysia Jho Low.

McFarland juga telah kehilangan dana investasi awal untuk perusahaan produksi itu.

Sebelumnya, Leonardo DiCaprio secara sukarela mengembalikan karya seni yang diberikan Low sebagai hadiah, termasuk lukisan milik Picasso yang dibeli dengan harga 3,28 juta dolar AS, foto oleh Diane Arbus yang dibeli dengan harga 750 ribu dolar dan kolase Basquiat 9,2 juta dolar.

Foto dan kolase itu diduga diberikan kepada DiCaprio oleh Low. Adapun lukisan Picasso, diduga datang dari Eric Tan, seorang rekan dari Low, disertai dengan catatan tulisan tangan yang berbunyi, "Leonardo DiCaprio yang terhormat, selamat ulang tahun yang terlambat! Hadiah ini untukmu. "

Pemenang Oscar itu juga secara sukarela menyerahkan kepada pemerintah sebuah piala Oscar yang diberikan kepada Marlon Brando.

Sementara hadiah-hadiah mewah yang diterima McFarland termasuk satu lukisan berjudul "Self-Portrait" oleh Basquiat, satu karya seni berjudul "Bliss Bucket" oleh Ed Ruscha, 16 berbagai macam poster film dibeli dari Cinema Archives dan poster film vintage, satu arloji Panerai, dua arloji Rolex dan satu arloji Piguet Audemars .

Sementara itu, Low, yang dituduh melakukan penipuan, bersembunyi dan keberadaannya tidak diketahui. Dia sebelumnya mempertahankan bahwa dia tak bersalah.

Baca juga: Leonardo DiCaprio beri kesaksian skandal 1MDB yang dikucurkan untuk "The Wolf of Wall Street"

 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar