Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra Mohamad Taufik meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pemeriksaan instalasi listrik rumah terkait sering terjadinya kebakaran.

"Periksa rumah-rumah instalasinya, rata-rata kebakaran kan dari aliran listrik," kata Taufik saat dikonfirmasi di Jakarta Pusat, Selasa.

Baca juga: Arus pendek listrik jadi penyebab terbanyak kebakaran di DKI Jakarta

Baca juga: Damkar DKI gencar sosialisasikan pencegahan kebakaran

Baca juga: BPBD DKI: potensi kebakaran saat kemarau tinggi


Pemeriksaan instalasi listrik dilakukan baik di pemukiman padat maupun pemukiman tidak padat, karena mereka adalah warga Jakarta, harus diperhatikan.

"Pemadam kebakaran itu fungsinya harus menjaga gitu. Harus ada dong, kerja sama dengan PLN supaya mereka kerjanya ringan," kata Taufik.

Terkait kebakaran di kawasan Manggarai beberapa waktu lalu yang terkendala akses menuju lokasi kejadian karena macet dan pemukiman yang padat, Taufik katakan petugas pemadam harus ada titik - titik tertentu untuk mengatasinya.

"Kalau sudah kayak gitu kan bisa dipikirin sama si damkar (petugas) ada titik titik tertentu yang sudah harus disiapkan sebagai pencegahan kebakaran di daerah kumuh," kata Taufik.

Baca juga: Akses sulit, kebakaran di Tebet belum berhasil dipadamkan

Baca juga: Kebakaran dominasi bencana di DKI


Dikatakannya saat terjadi kebakaran di kawasan pemukiman padat, sebaiknya petugas masuk bawa selang naik motor, baru dapat digunakan untuk pemadaman.

"Damkarnya ke situ bawa motor doang, tancepin tuh di selangnya, kalau nggak dipikirin yah daerah padat nggak terjangkau," kata Taufik.

Baca juga: Disdukcapil sediakan mobil pelayanan keliling untuk korban kebakaran

Baca juga: Setelah pulih, korban kebakaran Tebet berencana piknik

 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019