counter

Panganan dan kopi Nusantara akan ramaikan "foodcourt" di Pasar Benhil

Panganan dan kopi Nusantara akan ramaikan "foodcourt" di Pasar Benhil

Pengunjung menyantap makanan di areal Pujasera di lantai 2 Pasar Bendungan Hilir, Jakarta, Selasa (16/7/2019). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Nanti pedagang di bawah akan ditarik semua ke atas. Terus saya undang penjaja kopi-kopi nusantara untuk masuk ke sini," terang Melki
Jakarta (ANTARA) - Ragam penjaja panganan dari berbagai daerah dan kedai kopi akan meramaikan "foodcourt" atau Pujasera di Lantai 2 Pasar Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat.

Kepala Pasar Benhil Melki saat ditemui di sela kegiatannya memantau aktivitas pasar, Selasa, mengatakan, langkah itu dibuat guna mengaktifkan kembali Pujasera di lantai 2 yang sempat sepi pengunjung.

"Nanti pedagang di bawah akan ditarik semua ke atas. Terus saya undang penjaja kopi-kopi nusantara untuk masuk ke sini," terang Melki.

Sejauh ini, ia optimistis pedagang panganan dan minuman akan menyambut rencananya tersebut.

Pasalnya, areal Pujasera yang terletak di lantai 2 cukup strategis karena terletak dekat kawasan perkantoran.

Baca juga: Kawasan Mangga Besar yang menjadi sentra durian di Jakarta Barat

"Pas jam makan siang, di sini ramai, kebanyakan para pekerja," kata Melki. Namun, ia tak puas apabila Pujasera di lantai 2 hanya ramai saat jam makan siang.

Kepala Pasar Benhil itu menargetkan "foodcourt" dapat ramai tiap saat.

Oleh karena itu, selain meramaikan Pujasera dengan ragam kedai makanan, ia juga akan mempercantik areal Pujasera.

Alasannya, kepala Pasar Benhil itu berencana menjadikan wilayah Pujasera tak jadi sekedar tujuan makan siang para pekerja, tetapi destinasi wisata kuliner yang terhubung dengan stasiun MRT dan halte Transjakarta.

Baca juga: Nasi uduk Pasar Thomas pilihan kuliner dini hari di Jakarta

Sejauh ini, ragam makanan yang tersedia di Pasar Benhil antara lain panganan khas Sumatera Barat, Soto Betawi, Soto Ayam Semarang, makanan ala warung Tegal, serta panganan lain seperti pecel ayam.
Pengunjung menyantap makanan di areal pujasera di lantai 2 Pasar Bendungan Hilir, Jakarta, Selasa (16/7/2019). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)


Harga makanan di Pujasera itu berkisar dari Rp15.000 sampai Rp25.000 untuk per porsi makanan.

Baca juga: Gultik jadi pilihan kuliner malam hari di Jakarta

Pujasera di Pasar Benhil terletak tepat di belakang jajaran penjahit di lantai 2. Ada dua akses tangga yang dapat digunakan pengunjung untuk naik ke atas, yaitu di wilayah depan pasar, dan di bagian tengah dekat los buah.

Sejak 2016, sebagian besar pedagang di Pasar Benhil dipindahkan ke tempat penampungan sementara yang terletak persis di sebelah lahan pembangunan areal pertokoan baru.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar