Boyolali (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta hingga Selasa telah memberangkatkan sebanyak 10.754 calon haji (calhaj) asal Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta ke tanah suci.

Menurut Kepala Sub Bagian Penerangan Humas dan Protokol Embarkasi Surakarta Agus Widagdo dengan keberangkatan calhaj kloter 30 asal Kabupaten Kebumen Jateng itu, total sebanyak 10.754 orang yang sudah diterbangkan ke tanah suci.

PPIh Embarkasi Surakarta pada Selasa ini, hanya memberangkatkan calhaj dua kloter yakni Kloter 2l9 asal Kabupate Kulon Progo DIY dan Kloter 30 asal Kebumen Jateng.

Menurut Agus calhaj Kloter 29 dengan sebanyak 359 orang telah diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada pukul 06.58 WIB atau lebih cepat 22 menit dari jadwal semula, sedangkan Kloter 30 sebanyak 359 orang pada pukul 07.19 WIB atau lebih cepat enam menit dari jadwal semula.

Calhaj yang masuk ke asrama haji Donohudan Boyolali saat ini, kata dia, ada tiga kloter yakni Kloter 31 asal Kebumen dan Magelang, Kloter 32 (Purworejo), Kloter 33 (Kebumen). Sedangkan, calhaj Kloter 34 gabungan asal Purworejo dan Wonosobo, dijadwalkan masuk asrama pada pukul 18.00 WIB.

"Calhaj keempat kloter ini, akan diterbangkan ke Tanah Suci, pada Rabu (17/7), sekitar pukul 00.20 WIB, kemudian pukul 00.45 WIB, pukul 05.45 WIB dan pukul 18.15 WIB," katanya.

Calhaj yang sakit, dan masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Dr. Moewardi Solo, ada satu orang, yakni Rusminah Sanrusdi (80) asal Kabupaten Kebumen. Calhaj ini, tergabung dengan Kloter 20 yang sudah diberangkatkan ke tanah Suci, pada Jumat (12/7).

Menurut dia, calhaj yang menderita sakit fraktur tulang pinggul dan paha tersebut dapat diberangkatkan berhaji, jika sudah mendapat rekomendasi dari tim dokter yang merawat. Calhaj ini, akan diterbangkan dengan kloter selanjutnya selama kegiatan pemberangkatan haji masih berlangsung.

Calhaj Embarkasi Surakarta yang wafat dan dimakamkan di Tanah Suci dilaporkan ada dua orang, yakni Sumiyatun Sowikromo (57) warga Kabupaten Blora dan Mudjahid Damanhuri (74) warga Karanganyar.

PPIH Embarkasi Surakarta pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, rencana memberangkatkan sebanyak 34.940 calhaj asal Jateng dan DIY yang terbagi 97 kloter. Calhaj ini, akan terbagi dua gelombang yakni pertama Kloter 1 hingga Kloter 41, dan gelombang kedua Kloter 42 hingga Kloter 97. 

Baca juga: Jumlah calon haji pengguna kursi roda di Embarkasi Surakarta meningkat

Baca juga: PPIH embarkasi Surakarta berangkatkan 26.561 calhaj

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019