counter

Riza Pahlevi datangi tokoh agama untuk riset film "Makmum"

Riza Pahlevi datangi tokoh agama untuk riset film "Makmum"

Sutradara film pendek "Makmum" Riza Pahlevi (ANTARA News/Devi Nindy)

Jakarta (ANTARA) - Sutradara Riza Pahlevi mengaku harus mendatangi tokoh agama untuk melakukan riset demi film terbarunya bertajuk "Makmum" yang mengangkat tentang cerita mistis di kalangan masyarakat.

Riza kepada ANTARA di Jakarta, Senin (15/7), mengatakan ia banyak mendengar cerita soal sosok gaib yang menjadi makmum ketika muslim beribadah.

Ia menilai, kisah tentang sosok makhluk halus yang hadir saat ibadah bakal menimbulkan pro dan kontra dari masyarakat. Untuk itu, Riza dan timnya meminta pendapat tokoh agama.

"Sejauh waktu film itu kami buat, pasti ada pikiran nantinya ada kontra dengan masyarakat. Makanya, kita riset ke tokoh agama, benar-benar belajar tentang salat Tahajud dan segala macam lebih dalam lagi agar tidak salah dan meleset," ujarnya.

"Padahal sebenarnya bagi orang-orang maupun tokoh agama sekalipun mereka meyakini sosok 'makmum' itu ada, dan itu hal yang wajar. Orang-orang yang tinggal di asrama, pesantren, itu sering banget mengalaminya," katanya.

Film pendek "Makmum" digarap oleh Riza dan tim semasa kuliah pada 2015, kemudian mulai diluncurkan di kanal YouTube.

Setelah "Makmum" populer dengan jutaan pemirsa di Youtube , film pendek tersebut diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama, dibintangi oleh Titi Kamal.

"Kami bertahun-tahun tidak menemukan formula yang tepat, bagaimana cara membuat film panjangnya. Walau sempat ragu-ragu, kita beranikan diri untuk ambil proyek film layar lebarnya," ujar dia

Karya film pendek tersebut telah malang melintang dan mendapat apresiasi di berbagai festival film di dalam dan luar negeri seperti Hellofest, PopCon Award, JOGJA NETPAC Asian Film Festival, hingga The Crappy International Movie in Sueca, Spanyol.

"Makmum" akan tayang di bisokop Tanah Air pada 15 Agustus.

Baca juga: Titi Kamal dalami karakter misterius pengurus jenazah di film "Makmum"

Baca juga: Film pendek "Makmum" diangkat ke layar lebar

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Penyampaian Informasi Melalui Film Pendek

Komentar