Semarang (ANTARA) - Rangkaian pembukaan ASEAN School Games XI/2019 di Kota Semarang akan diawali dengan penyalaan obor dari api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (17/7).

"Dari Mrapen, obor api abadi kemudian akan diarak menuju Balai Kota Semarang untuk diinapkan semalam dengan rute Gubug-Mranggen-Pedurungan-Jalan Brigjen Katamso-Jalan Jendral A Yani-kawasan Simpanglima-Jalan Pandanaran-Balai Kota," kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah Sinung Nugroho Rachmadi di Semarang, Selasa.

Ia menyebutkan rangkaian pembukaan ASG XI/2019 akan melibatkan sejumlah atlet pelajar dan pejabat, baik di tingkat nasional maupun provinsi.
Setelah diinapkan semalam, di Balai Kota Semarang, obor api abadi akan kembali diarak menuju Holy Terang Bangsa School yang menjadi lokasi pembukaan ajang kompetisi olahraga pelajar se-Asia Tenggara tersebut pada Kamis (18/7) siang.

Pembukaan ASG XI/2019 akan dihadiri 4.000 orang pelajar di Kota Semarang, 1.600 orang atlet dan "official" sebagai peserta, 200 orang delegasi dari negara ASEAN, serta tamu undangan lainnya, seperti dari pemerintah pusat, gubernur, Forkopimda, jajaran SKPD provinsi maupun kabupaten/kota, bupati/wali kota, dan lainnya.

Kendati demikian, lanjut dia, pembukaan ASG XI/2019 tidak terbuka untuk umum. "Jangan khawatir, masyarakat bisa menyaksikan kemeriahan pembukaan ASG XI/2019 yang disiarkan langsung oleh TVRI," ujarnya.

Sinung juga berharap para pelajar dan masyarakat, khususnya di Kota Semarang, ikut memberikan dukungan kepada para atlet, dengan menonton pertandingan di setiap "venue" secara gratis alias tidak dipungut biaya.

Pembukaan ASG XI/2019 juga dimeriahkan sejumlah musisi Tanah Air seperti Kikan mantan vokalis band Cokelat, Virza jebolan Indonesian Idol, Kunto, dan penyanyi cilik Carrisa penyandang tuna netra yang tenar setelah bertemu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Seperti diwartakan, ASG XI/2019 akan diikuti 10 negara termasuk Indonesia dan mempertandingkan sembilan cabang olahraga dengan "venue" seluruhnya di Kota Semarang.

Cabang olahraga atletik, tenis meja, dan tenis lapangan akan dilangsungkan di Stadion Tri Lomba Juang, bulutangkis di GOR Universitas Semarang, bola basket di GOR Sahabat, sepak takraw di GOR Unika Soegijapranata, renang di Stadion Jatidiri, bola voli indoor di GOR UIN Walisongo, dan pencak silat di Patra Hall and Convention Hotel.

Baca juga: Pemprov Jateng diminta susun strategi ramaikan ASEAN School Games

Baca juga: Songsong ASG, Kemenpora minta atlet jaga kondisi tubuh

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019