Jadi gerhana dimulai 03.01 WIB, dimulai dari bagian sebelah kanan atas atau bagian Utara, kemudian puncak gerhana sebagian nanti sisi Utara dari purnama tersebut akan tergelapi oleh bayangan bumi, jadi sebagian dari purnama tersebut akan gelap dan in
Tanjung Selor, Kalimantan Utar (ANTARA) - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebutkan secara umum wilayah seluruh Indonesia bisa mengamati gerhana bulan parsial atau sebagian pukul 03.01 WIB pada Rabu (17/7).

"Jadi secara umum wilayah seluruh Indonesia dini hari itu bisa mengamati gerhana tetapi hanya wilayah Jawa bagian Barat dan Sumatra yang bisa melihat gerhana mulai dari awal sampai dengan akhir, sedangkan wilayah lain Indonesia itu hanya mengamati awal gerhana saja," kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin saat dihubungi dari Kalimantan Utara, Selasa.

Ia menambahkan pada Selasa malam (16/7), terjadi purnama. Sementara, pada pukul 03.01 WIB Rabu (17/7) bulan purnama akan memasuki bayangan bumi, dan gerhana bulan sebagian mulai dapat disaksikan pada saat itu, dan berakhir pukul 05.59 WIB.

Baca juga: Hari ini, gerhana bulan dapat dinikmati secara live streaming

"Jadi gerhana dimulai 03.01 WIB, dimulai dari bagian sebelah kanan atas atau bagian Utara, kemudian puncak gerhana sebagian nanti sisi Utara dari purnama tersebut akan tergelapi oleh bayangan bumi, jadi sebagian dari purnama tersebut akan gelap dan ini akan berakhir pukul 05.59 WIB," jelasnya.

Gerhana bulan parsial sesungguhnya memiliki dampak fenomena alam yang sama seperti purnama, yakni memberikan dampak efek penguatan pasir surut air laut karena efek pasang surut dari gravitasi bulan diperkuat oleh gravitasi matahari. Pada saat itu, pasang air laut akan lebih tinggi dibandingkan rata-rata.

"Kalau pantainya itu landai maka air laut akan menghempas ke daratan lebih jauh dari biasanya tapi itu kondisi normal yang terjadi saat purnama demikian juga saat bulan baru," ujarnya.

Baca juga: JIC gelar shalat gerhana bulan jelang subuh

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) Lapan Emanuel Sungging Mumpuni mengatakan daerah Indonesia bagian Barat dapat menyaksikan sebagian besar atau seluruh tahapan gerhana bulan sebagian dari mulai masuk bayangan umbra pada pukul 03.01 WIB hingga keluar pada pukul 05.59 WIB pada Rabu (17/7).

Sedangkan daerah Tengah dan Timur Indonesia tidak mempunyai kesempatan untuk melihat bagian akhir gerhana karena bulan sudah keburu tenggelam.

"Durasi gerhana sebagian adalah 2 jam 58 menit," tambahnya.

Pada puncaknya, 65 persen piringan bulan memasuki bayang-bayang umbra bumi dan tampak merah padam. Puncak gerhana bulan parsial akan terjadi pada pukul 04.30 WIB.

Baca juga: Hari ini, Indonesia Open hingga peneropongan gerhana bulan
 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019