counter

Planetarium Jakarta target 500 pengunjung tonton gerhana bulan

Planetarium Jakarta target 500 pengunjung tonton gerhana bulan

Petugas Planetarium dan Observatorium Jakarta menata posisi teleskop untuk meneropong gerhana bulan. (Foto: Zuhdiar Laeis)

Jakarta (ANTARA) - Planetarium dan Observatorium Jakarta menargetkan sekitar 500 pengunjung menonton gerhana bulan melalui peneropongan teleskop di lokasi tersebut.

"Target pengunjung biasanya dilihat dari waktu pendaftaran," kata Kepala Satuan Pelaksana Teknik Pertunjukan dan Publikasi Planetarium dan Observatorium Jakarta Eko Wahyu Wibowo di Jakarta, Selasa malam.

Peneropongan gerhana bulan berlangsung pada hari Selasa mulai pukul 21.00 hingga Rabu pukul 06.00 WIB yang berlangsung gratis dan terbuka untuk umum.

Baca juga: Planetarium sediakan 13 teleskop pantau gerhana bulan

Sepanjang waktu tersebut, dia optimistis jumlah pengunjung bisa mencapai 500 s.d. 1.000 orang, apalagi fenomena gerhana bulan yang bisa disaksikan secara langsung jarang terjadi.

Pada tahun ini, kata dia, hanya ada tiga kali fenomena gerhana, yakni gerhana bulan sebanyak dua kali pada bulan Januari dan Juli ini, dan gerhana matahari pada bulan Desember mendatang.

Hingga pukul 23.00 WIB, jumlah pendaftar kegiatan peneropongan gerhana bulan sebagian itu mencapai 242 orang.

Para pengunjung berasal dari berbagai daerah di sekitar Jakarta, seperti Bekasi, Cibubur, Depok, dan Tangerang. Bahkan, ada yang berasal dari Bandung dan Sidoarjo.

Baca juga: Masyarakat antre tonton gerhana bulan di Planetarium Jakarta

Sebelumnya, Planetarium dan Observatorium Jakarta mempersilakan masyarakat yang ingin melakukan peneropongan gerhana bulan secara langsung.

Awal gerhana bulan sebagian diperkirakan dimulai pukul 01.43 WIB.

Selain pengamatan terhadap gerhana bulan sebagian, Jupiter, dan Saturnus, Planetarium dan Observatorium Jakarta juga menggelar diskusi tentang gerhana bulan.

Masyarakat juga dapat mengikuti secara langsung proses gerhana bulan sebagian melalui live streaming (siaran langsung) dari Plaza Teater Planetarium dan Observatorium Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat, dini hari ini.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Shalat Khusuf untuk mengingat kebesaran Allah

Komentar