Jakarta (ANTARA) - Federasi bola basket Spanyol, FEB, pada Selasa, merilis nomor punggung para pemain timnas yang sementara ini disiapkan untuk tampil dalam putaran final Piala Dunia FIBA 2019 dan Marc Gasol tetap memakai nomor punggung 13 yang selalu dipakainya di timnas.

Pebasket yang baru saja menjuarai NBA 2018/2019 bersama Toronto Raptors itu akan melakoni penampilan keempat dalam putaran final Piala Dunia FIBA di China nanti, setelah debut pada 2006 kala membantu Spanyol keluar sebagai juara.

Sejak 2006 Gasol selalu mengenakan nomor punggung 13 di timnas Spanyol, termasuk ketika menjuarai Piala FIBA Eropa 2009 dan 2011 serta meraih medali perak Olimpiade 2008 dan 2012.

Baca juga: Usai juarai NBA, Marc Gasol siap pimpin Spanyol ke Piala Dunia

Gasol besar kemungkinan bakal jadi sosok pemimpin tim besutan Sergio Scariolo itu dalam Piala Dunia FIBA 2019, menyusul cedera sang kakak Pau Gasol sejak Desember lalu yang memaksanya absen.

Spanyol juga berharap tuah juara Raptors dan Gasol menular ke mereka saat berlaga di China nanti.
Sebanyak 16 pemain roster sementara Spanyol memilih nomor punggung 1 hingga 41 dalam fase persiapan akhir jelang putaran final Piala Dunia 2019.

Enam pemain memilih mengemban enam nomor yang juga dipakai oleh rekan mereka di timnas putri Spanyol yang baru saja mempertahankan gelar juara Piala FIBA Eropa Putri 2019 di Latvia dan Serbia.

Enam nomor tersebut adalah 5 yang dipilih oleh Rudy Fernandez dan sempat digunakan Cristina Ouvina di timnas putri Spanyol, 9 (Ricky Rubio dan Laia Palau), 10 (Victor Claver dan Marta Xargay), 13 (Marc Gasol dan Tamara Abalde), 15 (Joan Sastre dan Anna Cruz) dan 18 (Pierre Oriola) dan Queralt Houses.

Spanyol akan memulai persiapan jelang Piala Dunia FIBA pada 24 Juli di Madrid.

Di Piala Dunia FIBA 2019, mereka tergabung dengan Iran, Puerto Riko dan Tunisia di Grup C dan bakal menjalani fase penyisihan grup di Guangzhou. Tunisia jadi lawan pertama Spanyol pada 31 Agustus.

Baca juga: Clarkson masuk opsi pemain naturalisasi Filipina

Berikut daftar nomor punggung sementara timnas basket Spanyol jelang Piala Dunia FIBA 2019:

1 - Quino Colom (guard)
5 - Rudy Fernandez (forward)
7 - Jaime Fernandez (guard)
8 - Pau Ribas (guard)
9 - Ricky Rubio (guard)
10 - Victor Claver (forward)
12 - Ilimane Diop (center)
13 - Marc Gasol (center)
14 - Willy Hernangomez (center)
15 - Joan Sastre (guard/forward)
18 - Pierre Oriola (forward/center)
22 - Xavi Rabaseda (guard/forward)
23 - Sergio Llull (guard)
33 - Javier Beiran (forward)
34 - Pablo Aguilar (forward)
41 - Juancho Hernangomez (forward)

Baca juga: Brasil pastikan tiga elemen perkuat timnas untuk Piala Dunia FIBA

Baca juga: Simmons mungkin absen perkuat Australia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019