counter

Info Haji

JCH Kloter 1 Embarkasi Batam mulai sembelih hewan dam

JCH Kloter 1 Embarkasi Batam mulai sembelih hewan dam

Jamaah haji Embarkasi Hang Nadim Batam (Humas PPIH Embarmasi Hang Nadim Batam)

Batam (ANTARA) - Jamaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang 1 Embarkasi Hang Nadim Batam mulai melaksanakan ibadah penyembelihan hewan dam untuk haji tamattu, Selasa waktu Arab Saudi.

"Sebanyak 2 rombongan kloter 1 asal Kepri melaksanakan penyembelihan hewan dam secara bergilir," kata Kepala Bidang Humas dan Informasi Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Hang Nadim Batam, Syahbudi di Batam, Rabu.

Berdasarkan keterangan dari pembimbing ibadah haji Kloter 1 Embarkasi Batam Hamdanis, kata dia, penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan 10 rombongan secara bergantian dalam lima hari.

"Pagi ini dimulai rombongan 9 dan 10, selanjutnya besok akan dilanjutkan lagi dengan rombongan berikutnya. Diperkirakan lima hari ke depan pelaksanaan penyembelihan hewan dam selesai dilaksanakan," kata Hamdanis.

Menurut dia, seluruh JCH kloter 1 sudah melaksanakan umrah wajib, termasuk yang menderita sakit dan berusia uzur.

Untuk jamaah yang sakit dan uzur, pelaksanaan umrah dibantu dengan menggunakan kursi roda, didampingi pembimbing ibadah.

Ketua Kloter 1 Embarkasi Batam, Ali Hasan Hasibuan mengatakan selama berada di Mekah, seluruh jamaah mendapatkan bimbingan dan sosialisasi kesehatan yang diberikan petugas di lobi hotel.

"Ada beberapa rombongan yang mulai melaksanakan umrah sunat dengan mengambil moqot di Tana'im," kata dia.

Sementara itu, hingga Rabu, Embarkasi Hang Nadim Batam telah memberangkatkan 5.905 orang calon haji asal Riau, Kepri dan Kalimantan Barat.

Pada musim haji tahun ini, Embarkasi Hang Nadim Batam memberangkatkan 12.860 orang calon haji dari Riau, Kepri, Kalbar dan Jambi yang terbagi dalam 29 kloter.

Seluruh kloter diberangkatkan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines Boeing 747-400 berkapasitas 450 orang.

Pemberangkatan jamaah dibagi dalam dua gelombang, yaitu tujuan Madinah mulai Kloter 1 hingga 15 dan tujuan Jeddah mulai Kloter 16 hingga 29.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Empat orang haji tidak ikut di kloter terakhir

Komentar