Tjahjo Kumolo: Pemda harus lakukan inovasi sekecil apapun

Tjahjo Kumolo: Pemda harus lakukan inovasi sekecil apapun

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat ditemui di acara Indonesia International Smart City and Forum 2019 (IISMEX), di Jakarta Conventional Centre, Jakarta Pusat, Rabu (17/6) (ANTARA/Pamela Sakina)

Pemerintah daerah harus melakukan inovasi sekecil apapun, yang kedua pembangunannya harus terintegrasi, kemudian masyarakat juga harus dibangun mengikuti budaya baru
Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan Pemerintah Daerah (Pemda) harus melakukan inovasi sekecil apapun.

"Pemerintah daerah harus melakukan inovasi sekecil apapun, yang kedua pembangunannya harus terintegrasi, kemudian masyarakat juga harus dibangun mengikuti budaya baru," ujar Tjahjo saat ditemui di Jakarta Conventional Centre, Jakarta Pusat, Rabu.

Budaya baru, menurut dia, salah satu contohnya seperti adanya transportasi Moda Raya Terpadu (MRT) yang membudayakan masyarakat untuk disiplin dan tertib peraturan seperti mengantre.

Soal pembangunan yang terintegrasi, Tjahjo mencontohkan persoalan sampah yang perlu dikelola pemda dengan baik, salah satunya diolah hingga menghasilkan energi.

"Supaya jangan sampai menimbulkan kekumuhan dan kekotoran, misalnya," tambah dia.

Tjahyo mengatakan, perihal inovasi, di masa yang semakin modern dan canggih inovasi itu dapat ditunjang dan disiapkan dari beragam sumber, misalnya, inovasi teknologi dari masyarakat sendiri baik dalam maupun luar negeri.

"Pemda secara optimal harus mampu ditunjang oleh berbagai sistem teknologi yang ada, bukan karena faktor sistem atau alatnya saja tapi bagaimana (cara) manusianya memimpin," ujar Tjahjo.

Hal ini dikatakannya saat usai menghadiri acara "Indonesia International Smart City Expo and Forum 2019" (IISMEX).

IISMEX merupakan pameran dan forum industri sistem dan teknologi digital yang diikuti oleh 565 peserta pameran dari 30 negara di dunia, menawarkan beragam inovasi teknologi untuk membangun kota yang cerdas.

Atas acara yang senada dengan dorongannya agar Pemda terus berinovasi, ia juga mengucapkan selamat kepada para Bupati, Walikota, dan Gubernur yang mendapat penghargaan Samkaryanugraha dan Satua Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha, atas kinerjanya yang baik.

"Anugerah perorangan mulai mantan Gubernur NTB yang selama ini dianggap tiga tahun berprestasi berturut-turut, termasuk kabupaten kota yang punya prestasi tiga tahun berturut-turut pula," ucapnya.

Tjahjo berharap agar Pemda tidak berhenti berinovasi meski telah membangkitkan semangat daerah.

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Mendagri tinjau kesiapan venue Pon XX Papua di Jayapura

Komentar