Jakarta (ANTARA) - Inspektur Jendral Polisi Dharma Pongrekun yang resmi dilantik menjadi Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada Rabu (17/07) siang, belum menentukan langkah terkait pencalonannya sebagai Calon Pimpinan KPK 2019-2023.

“Buat saya, saya lakukan saja apa yang Tuhan arahkan saya kemana Tuhan membawa saya, saya tidak akan pernah memilih,” kata Wakil Kepala BSSN Irjen Pol Dharma Pongrekun usai pelantikannya di Kantor BSSN, Jakarta, Rabu.

Perjalanan hidup saya selama ini, lanjut dia, tidak pernah bisa direncanakan karena rencana Tuhan lah yang terjadi sampai dengan hari ini termasuk pelantikannya sebagai Wakil Kepala BSSN.

“Jadi apa yang akan terjadi ke depan saya hanya mengikuti proses kemana Tuhan akan membawa, itu yang akan saya ikuti,” tegas Dharma.

Pelantikan dan pengangkatan Dharma Pongrekun sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 76/TPA Tahun 2019 untuk mengisi kekosongan jabatan Wakil Kepala BSSN sejak BSSN dibentuk 2017 lalu.

Sebelumnya, dari 192 daftar nama yang dinyatakan lolos seleksi administrasi oleh Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK terdapat nama Irjen Pol Dharma Pongrekun.

"Pendaftar yang lulus seleksi administrasi dari anggota Polri ada 13 orang dari 13 orang pendaftar," kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih dalam konferensi pers di gedung Sekretariat Negara (Setneg) Jakarta, Kamis (11/07).

Dharma berhasil lolos seleksi bersama 12 perwira tinggi Polri lainnya yang pencalonannya telah disetujui institusi Polri.

"Polri mempersiapkan pati-pati terbaik yang memiliki komitmen dan integritas tinggi. Silakan Pansel yang memilih sesuai mekanisme yang sangat ketat," kata Brigjen Pol Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (12/07).

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019