TMMD Jayawijaya bangun rumah dan fasilitas publik di Bolakme

TMMD Jayawijaya bangun rumah dan fasilitas publik di Bolakme

Upacara penutupan TMMD yang berlangsung di Distrik Bolakme, Kabupaten Jayawijaya, Papua. (ANTARA News Papua/Marius Frisson Yewun)

Wamena (ANTARA) - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) dari Kodim 1702/Jayawijaya merampungkan pembangunan tiga rumah dan fasilitas publik lainnya di Distrik Bolakme, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi pada upacara penutupan TMMD imbangan tahun 2019 di Bolakme, Rabu mengatakan masyarakat sangat antusias terhadap TMMD yang membantu pemerintah membangun distrik dan kampung-kampung.

"Ini merupakan satu fungsi sosial dari TNI bagaimana mereka bisa dekat dengan rakyat, membangun distrik, membangun kampung. Ini harapan kami dan pemerintah daerah siap mendukung," katanya.

Wabup mengatakan setiap tahun pemerintah akan menganggarkan dana untuk pelaksanaan TMMD di distrik-distrik sebab peran TNI sangat nyata dirasakan masyarakat.

"Kita bisa lihat hari ini masyarakat sangat antusias datang menghadiri penutupan TMMD, itu tandanya rakyat, TNI dan pemerintah daerah bekerja sama membangun distrik dan kampung," katanya.

Dandim 1702/Jayawijaya letkol Inf Candar Dianto mengatakan kegiatan fisik yang dikerjakan TMMD selama 30 hari di Bolakme adalah tiga rumah sehat, delapan jamban, lapangan bola voli, tiang pull up di dua sekolah dan kandang ternak babi.

"Kami sampaikan terimakasih kepada Pemerintah Jayawijaya, dari kementerian dan lapisan masyarakat yang bersama TNI membangun desa. TMMD ini rutin dilakukan di seluruh kabupaten dalam rangka meningkatkan pembangunan khususnya daerah tertinggal," katanya.

Kegiatan lain yang dilakukan adalah pengobatan gratis, pembagian makanan tambahan yang merupakan bantuan kementerian, pemberian alat penjernih air, lampu tenaga surya, bibit ternak ikan dan peralatan olahraga seperti meja tenis, bola voli dan bibit ikan.

"Dengan TMMD harapannya kita bisa meningkatkan perekonomian selain pembangunan fisik yang hari ini kita bisa lihat," katanya.

Hadir pada upacara penutupan TMMD, Kepala Bulog Wamena, Danyonif 756 Wimane Sili, Kepala Kejaksaan Negeri Jayawijaya, Wakapolres Jayawijaya dan pejabat pemda lainnya.

Baca juga: Warga Kampung Yuwainda bangga TNI bangun rumah
Baca juga: Program TMMD ke-104, TNI bangun rumah warga Biak
Baca juga: TNI dan warga kerja keras bangun jalan di Manokwari

 

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar