counter

"Game of Thrones" raih nominasi terbanyak Emmy Award

"Game of Thrones" raih nominasi terbanyak Emmy Award

Ken Jeong dan D'Arcy Carden dalam pengumuman nominasi Emmy Award ke-71 di Wolf Theatre, Saban Media Center, Television Academy, Kalifornia, AS, Selasa (16/7/2019). (ANTARA News/Akademi Televisi)

Jakarta (ANTARA) - Serial “Game of Thrones” yang ditayangkan dalam layanan HBO memperoleh 32 nominasi dalam Emmy Award ke-71, terbanyak dari semua program dalam satu musim, mengalahkan rekor 25 tahun yang dipegang “NYPD Blue”.

“Game of Thrones” diikuti “The Marvelous Mrs. Maisel" yang mendapatkan 20 nominasi. Kemudian, “Chenobyl” (19), “Saturday Night Live” (18), “Barry” (17), Fosse/Verdon (17), dan “When They See Us” (16), demikian daftar nominasi Emmy Award ke-71 yang dirilis Akademi Televisi, dikutip Rabu.

Nominasi untuk Emmy Award ke-71 diumumkan pada Selasa (16/7) waktu setempat, dipimpin Ketua dan CEO Akademi Televisi Frank Scherma, dengan presenter Ken Jeong, dan D’Arcy Carden.

Dalam hal pemain, “Games of Thrones” juga mendapatkan nominasi terbanyak, dengan 10 nominasi dalam lima kategori pemain berbeda, dan delapan nominasi pada empat kategori pemain untuk “When They See Us”.

"Sangat menyenangkan melihat sederetan talenta baru yang dihormati karena pekerjaan mereka yang luar biasa," kata Scherma.

Baca juga: Absen dari Emmy, Ariana Grande butuh waktu sendiri

Dari delapan nominasi pada 2019 untuk Outstanding Drama Series, lima merupakan pendatang baru untuk kategori tersebut. Pendatang baru tersebar di berbagai platform distribusi, termasuk “Bodyguard”, “Killing Eve”, “Ozark”, “Pose”, dan “Succession”. Sementara “Call Saul”, “Game of Thrones”, dan “This Is Us” kembali masuk nominasi kategori itu.

Di antara tujuh nominasi Outstanding Comedy Series kali ini, ada empat peraih kali pertama mewakili berbagai cerita, yakni “Fleabag”, “The Good Place”, dan “Schitt's Creek”, bersama dengan pertunjukan perdana “Doll Rusia”, bergabung dengan hit baru “Barry”, “Mrs. Maisel”, dan “Veep” yang luar biasa.

Emilia Clarke, Mandy Moore, Jodie Comer dan Laura Linney menerima nominasi aktris utama dalam kategori Drama Series, bergabung dengan “Robin Wright” dan “Sandra Oh”, dan pemenang Emmy sebelumnya “Viola Davis”.

Aktor utama dalam nominasi Drama Series ada “Kit Harington” dan “Billy Porter”i, bergabung dengan pemenang kategori ini sebelumnya “Sterling K. Brown”, kemudian “Milo Ventimiglia”, “Jason Bateman” dan “Bob Odenkirk”.

Baca juga: Puncak pertarungan Netflix dan HBO dalam Emmy Awards

Michael Douglas dan Eugene Levy adalah orang baru dalam nominasi Aktor Utama dalam kategori Seri Komedi dan bergabung dengan nominasi sebelumnya Don Cheadle, Anthony Anderson dan Ted Danson, bersama dengan pemenang kategori ini tahun lalu Bill Hader.

Calon untuk Aktris Utama dalam Seri Komedi termasuk yang pertama kali Natasha Lyonne, Catherine O'Hara, dan Phoebe Waller-Bridge, yang bergabung dengan nominasi kategori ini sebelumnya Christina Applegate, pemenang tahun lalu Rachel Brosnahan dan pemenang Emmy 11 kali Julia Louis-Dreyfus.

Nominasi pemain baru pertama kali termasuk Amy Adams, Anthony Carrigan, Gwendoline Christie, Sian Clifford, Paul Dano, Benicio del Toro, Hugh Grant, Michael McKean, Kumail Nanjiani, Chris O'Dowd, Rosamund Pike, Sam Rockwell, Kristin Scott Thomas, Rufus Sewell, Stellan Skarsgård, Sophie Turner, Emily Watson, dan Michelle Williams di antara daftar panjang pemain yang terkenal.

Memimpin nominasi dalam total berdasarkan platform adalah HBO (137), Netflix (117), dan NBC (58).

Pemenang dan penghargaan Emmy Award ke-71 akan disiarkan secara langsung dari Microsoft Theater di Los Angeles, AS, pada Minggu, 22 September 2019.

Baca juga: Pemirsa Emmy Awards di AS cetak rekor terendah

Pewarta: Suryanto
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar