counter

Pengunjung perpustakaan RPTRA Citra Permata meningkat

Pengunjung perpustakaan RPTRA Citra Permata meningkat

Sejumlah anak tengah bermain di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Citra Permata, Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (17/7/2019). (ANTARA News/Dea N. Zhafira)

Jakarta (ANTARA) - Pengunjung perpustakaan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Citra Permata, Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, cenderung meningkat bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Meningkat banget. Biasanya 10-20 orang anak yang ke perpus, sekarang bisa 25-50 anak setiap harinya," ujar pengelola RPTRA Citra Permata, Sendwy di lokasi, Rabu.

Menurut dia, lokasi RPTRA yang dekat dengan beberapa sekolah seperti SD Negeri Rawa Bunga 13 Pagi, SMP Negeri 62 Jakarta dan SMA Negeri 54 Jakarta, membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi siswa-siswi, utamanya di jam pulang sekolah.

"Alhamdulillah perpustakaan ramai apalagi pas pulang sekolah. Biasa dibuat kerja kelompok, ngerjain tugas juga sama anak-anak," kata Sendwy.

Baca juga: Pengamat: Pemprov DKI harus tegas terapkan aturan atap bangunan
Baca juga: Ada taman tematik di Kantor Wali Kota Tangerang

 



Beberapa koleksi buku di perpustakaan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Citra Permata, Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (17/7/2019). (ANTARA/Dea N. Zhafira)

Beberapa murid Sekolah Dasar yang tengah mengerjakan tugas sekolah mereka bersama-sama bukanlah hal yang asing untuk dijumpai di sini. Sendwy juga mengaku senang RPTRA ini dapat digunakan masyarakat sebagaimana mestinya.

Risa, seorang siswi kelas 5 SD mengaku sering datang ke tempat ini bersama teman-temannya untuk mengerjakan tugas. Menurut dia, selain dekat dengan sekolah, suasana di perpustakaan dan RPTRA sendiri sangat pas untuk belajar.

"Sering banget kita ke sini (perpustakaan (RPTRA). Tempatnya adem, nggak panas. Terus kita lebih seneng di sini, banyak abang jualan jajan juga, jadi kalau lapar tinggal beli deh," kata Risa disambut tawa teman-temannya.

Selain perpustakaan, RPTRA Citra Permata juga dilengkapi beberapa fasilitas lainnya, seperti ruang laktasi, toko, ruang pusat informasi dan konseling, taman bermain, batu refleksi, lapangan futsal, hingga teater terbuka.

Lapangan futsal dan teater terbuka, biasa digunakan untuk kegiatan outdoor siswa dan masyarakat. Mulai dari berolahraga, hingga aktivitas klub tertentu seperti karate dan taekwondo.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kini ada taman bermain di Terminal Kampung Rambutan

Komentar