counter

Padang kembali gelar Festival Dragon Boat Internasional

Padang kembali gelar Festival Dragon Boat Internasional

Dokumentasi Festival Dragon Boat Internasional di Padang (Antara Sumbar/Arif Pribadi)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang kembali menggelar Festival Dragon Boat Internasional untuk ke-17 kalinya yang akan dihelat pada 1 sampai 4 Agustus 2019.

"Pada tahun ini festival mengambil tema Melalui Dragon Boat Internasional tingkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Padang," kata Pelaksana Harian Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang Dedi Henidal di Padang, Rabu.

Menurut dia selama ini lomba dayung perahu naga yang digelar di Banjir Kanal GOR Agus Salim Padang telah mendapatkan dukungan dari International Dragon Boat Federation (IDBF).
Untuk peserta berasal dari luar negeri dan dalam negeri memperebutkan hadiah sebesar Rp195 juta rupiah.

"Dari luar negeri peserta berasal dari Qatar, Inggris, Singapura, Filipina, dan Malaysia," ujarnya.

Sedangkan dalam negeri diikuti perwakilan dari Persatuan Olahraga Dayung Indonesia Sumbar, Aceh, Bengkalis, Riau, DKI Jakarta, Muaro Bungo, Tebo, Semarang, Lubuk Linggau, Kalimantan Selatan.

Sementara untuk antar kesatuan akan diikuti Lantamal I Belawan, Lantamal II Teluk Bayur, Lantamal III Jakarta, Lantamal IV Tanjung Pinang, Lantamal V Surabaya, Lantamal VI Makasar, Lantamal X Jayapura, Kolinlamil Jakarta, Pangarmabar. Kemudian Polda Sumbar, Pol Airud Sumbar, Yon 133 Yudha Sakti, Lanal Semarang, Yonif VII Mar Lampung, dan Lanud Sutan Sjahrir Padang.

Dedi menyampaikan ada tujuh jenis perlombaan yaitu 800 meter 22 pendayung putra, 800 meter 22 pendayung mix, 800 meter 22 pendayung putra dan 800 meter 22 pendayung putri, kemudian 800 meter 12 pendayung mix, 800 meter 12 pendayung antar-kesatuan dan 800 meter 12 pendayung antar-bangsa.

Untuk pembukaan dirancang dihadiri tiga menteri yaitu Menteri Pariwisata, Menteri Pemuda dan Olahraga serta Menteri PUPR selaku ketua umum Persatuan Dayung Seluruh Indonesia.

Baca juga: Tim perahu naga Indonesia juara umum Kejuaraan China-ASEAN
 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Lomba Dragon Boat di Sungai Kapuas

Komentar