Jakarta (ANTARA) - Kantar Indonesia memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan yang telah menyiarkan iklan terbaik selama Ramadhan melalui ajang "Most Loved Indonesian Ramadhan Ad".

"Iklan yang emosional semakin sering digunakan oleh pemegang merek untuk memperdalam hubungannya dengan konsumen. Analisis yang dilakukan oleh Kantar menggabungkan teknik survei dengan neuroscience seperti facial coding untuk mengidentifikasi ekspresi dan emosi yang dipicu oleh iklan dan bagaimana pengaruhnya terhadap hubungan emosional dengan konsumen," kata CEO Kantar Indonesia, Suresh Subramanian di Jakarta, Rabu.

Suresh mengatakan dari hasil penelitian tersebut, jumlah perusahaan yang menggunakan momen Ramadhan 2019 untuk membangun koneksi dengan masyarakat semakin meningkat

Gojek sebagai contoh memenangkan penghargaan melalui tema ‘‘Cari Kebaikan’ menarik hati orang Indonesia melalui humor yang menunjukkan bagaimana Gojek dapat membantu mereka melakukan perbuatan baik dengan lebih mudah.

Penampilan konsumen yang berlebihan selama Ramadhan tanpa menggurui, membawa nuansa unik yang lucu. Berdasarkan Kantar facial coding, pemirsa menjadi 50 persen lebih ekspresif ketika menonton iklan ini dibandingkan dengan iklan Ramadhan lainnya, kata Suresh.

Kemudian iklan "Maknai Kebersamaan" oleh Matahari juga meraih penghargaan mengisahkan mengenai kerinduan seorang anak laki-laki kepada ayahnya.

Menariknya, anak tersebut berpenampilan dan berperilaku seperti ayahnya. Cerita menjadi lengkap ketika sang ayah akhirnya pulang ke rumah.

"Syukuri Hari" oleh Djarum mendapatkan penghargaan iklan Ramadhan ‘Most Buzzworthy’ untuk cerita dan pesan mengenai intropeksi diri, mendorong para pemirsa untuk merasa bersyukur dan menjadi lebih positif selama bulan Ramadhan.

Sprite’s ‘Ujian Puasa’ terpilih sebagai iklan Ramadhan ‘Most Noticed’ untuk humor yang ringan, adegan yang berkesan dan menyegarkan. Momen puasa digunakan untuk menciptakan godaan terhadap merek, tanpa menunjukkan momen konsumsi apa pun.

P&G ‘Aku Pilih Maaf Ibu’ terpilih sebagai iklan Ramadhan ‘Most Popular’ untuk cerita yang mengharukan dan membahas bagaimana ibu dan anak mengatasi ketegangan mereka karena perbedaan. Iklan teserbut memperoleh buzz tingkat tinggi dengan 25 juta pemirsa (views) di Youtube.

Suresh mengatakan Iklan Ramadhan paling sukses tahun ini telah mendobrak norma iklan tradisional Ramadhan.

Penerimaan pemirsa Indonesia akan terobosan tersebut mencerminkan perubahan Indonesia yang mencari dan menghargai ketulusan dari tujuan yang otentik, ujarnya.

Berikut 10 iklan terbaik versi Kantar Indonesia yakni: Gojek, Cari Kebaikan; Djarum, Syukuri Hari; Pepsodent, Sahur Amal; Marjan, Timun Mas; dan Buto Ijo; Sprite, Ujian Puasa; Matahari, Maknai Kebersamaan; Nippon Paint, Mas Kulin Pulang; Zilingo, Belanja Versi Gue; Blibli, Bahagia itu kita yang buat; Ramayana, Lebaran di Planet Udique.*

Baca juga: Iklan Ramadhan anti-ekstremis jadi viral

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019