counter

Kejuaraan dunia kurir 2019 sepeda ajang promosi produk lokal

Kejuaraan dunia kurir 2019 sepeda ajang promosi produk lokal

Salah satu peserta kejuaraan dunia kurir sepeda melintasi arena The Cycle Messenger World Championship ke-26 di Kota Riga, Latvia, Tahun 2018. (ANTARA/HO/Dok/Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Salah satu rangkaian acara kejuaraan dunia kurir sepeda atau The Cycle Messenger World Championship (CMWC) Tahun 2019 di Jakarta adalah bazar produk sepeda yang akan menampilkan produk-produk lokal Indonesia.

"Selama lima hari rangkaian kegiatan CWMC 2019 akan ada bazar khusus menyediakan peralatan kurir sepeda dari brand-brand (produk) lokal Indonesia," kata Hendi Rachmat dari Westbike Messenger Service (WMS) kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Pihak panitia menyiapkan gerai bazar yang akan diisi oleh produsen lokal Indonesia. Adapun produk yang dipamerkan seperti sepeda rancangan produsen lokal, produk apparel salah satunya milik westbike messenger service seperti kaos, sarung tangan, tas ransel, tas pinggang, tas kargo dan masih banyak lainnya.

Kejuaraan dunia kurir sepeda CMWC 2019 akan berlangsung di JI Expo Kebayoran, Jakarta Pusat pada tanggal 21-26 Agustus mendatang. Tercatat hingga saat ini sudah ada 187 peserta dari 23 negara yang mendaftarkan diri, jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah seiring masih dibukanya masa pendaftaran.

Untuk pertama kalinya kejuaraan ini dilaksanakan di Asia Tenggara dan Jakarta sebagai tuan rumahnya. Kejuaraan ini populer di kalangan kurir sepeda di dunia, pertama kali dilaksanakan pada tahun 1992 di Kota Berlin, Jerman.

Sementara itu, kultur kurir sepeda Indonesia baru dibangun tahun 2013, lalu berkembang hingga tahun 2015. Tidak hanya menyediakan layanan jasa logistik, juga mengemban misi sebagai pekerjaan ramah lingkungan. Para kurir juga didorong mengembangkan diri salah satunya melalui kejuaraan dunia kurir sepeda.

Untuk pertama kalinya Indonesia mengirimkan perwakilan kurir sepeda pada kejuaraan dunia ke-23 tahun 2015 yang dilaksanakan di Melbourne, Australia. Pemenang dari kejuaraan ini akan meraih predikat sebagai juara dunia kurir sepeda.

Berlanjut setiap tahunnya WMS rutin mengirimkan kurirnya ikut kejuaraan pada tahun 2016, 2017 dan 2018 di Kota Riga, Latvia. Tahun ini kompetisi ke-27 berlangsung di Jakarta.

Hendi menyebutkan kejuaraan ini selain jadi ajang berkumpul dan bersilaturahmi para kurir sepeda di dunia, juga untuk membudayakan kurir sepeda di Indonesia.

"Ada beberapa rangkaian acara yang digelar seperti industri forum tempat berkumpulnya semua produk-produk sepeda, apparel. Kita sudah berkolaborasi dengan sejumlah brand-brand lokal, usaha di bidang sepeda ini sudah banyak bermunculan di Indonesia," katanya.

Dengan adanya bazar ini, lanjut Hendi, para peserta selain berkompetisi juga bisa membelanjakan uangnya untuk membeli produk-produk lokal Indonesia.

IBMA atau Indonesia Bike Messenger Association sebagai panitia juga menggandeng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membawa promosi daerah melalui Enjoy Jakarta dalam kejuaraan dunia kurir sepeda tersebut.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Polres Lebak tilang 2.000an kendaraan dalam sepekan

Komentar