Jakarta (ANTARA) - Bernard Arnault, bos perusahaan barang-barang mewah LVMH Moet Hennessy - Louis Vuitton SE, menggeser pendiri Microsoft Bill Gate dalam daftar orang terkaya di dunia berdasarkan Bloomberg Billionaire Index terbaru yang menghitung kekayaan setelah penutupan perdagangan di New York.

Ketua dan CEO LVMH per 18 Juli ini menggeser Gates dari posisi kedua, dengan total kekayaan bernilai 108 miliar dolar atau sekitar Rp1.508 triliun, kurang lebih 1 miliar dolar lebih banyak dari co-founder Microsoft yang sekarang berkekayaan 107 miliar dolar, demikian mengutip data Bloomberg Billionaire Index, Kamis.

Naiknya Arnault membuat Gates untuk pertama kalinya terdepak dari dua besar daftar orang terkaya di dunia sejak 2012, dan sang co-founder Microsoft berada di urutan ketiga, di atas Warren Buffett—chairman dan pemegang saham terbesar Berkshire Hathaway—yang memiliki kekayaan 81,9 miliar dolar.

Di posisi teratas tetap dihuni taipan teknologi Jeff Bezos dengan total kekayaan mencapai 124 miliar dolar. Bezos adalah pendiri peritel online terbesar dunia Amazon, yang pada 2018 lalu dilaporkan meraih keuntungan 233 miliar dolar.

Baca juga: Miliarder Arnault donasikan Rp3,1 triliun untuk Notre-Dame

Sementara itu, kejutan dari Bernard Arnault yang menggeser Bill Gates terjadi setelah kekayaan bos LVMH itu tumbuh sebesar 39 miliar dolar pada tahun ini. Tahun ini pula untuk pertama kalinya kekayaan Arnault melewati 100 miliar dolar.

Di bawah pengawasannya, LVMH telah tumbuh menjadi pusat kekuatan mewah global selama tiga puluh tahun terakhir, dan menaungi merek-merek terhormat seperti Christian Dior, Louis Vuitton, dan Givenchy di antara kepemilikannya.

Dalam dua bulan terakhir, menurut Yahoo Finance, LVMH telah meluncurkan rumah mode “Fenty” bersama bintang pop Rihanna dan menandatangani kesepakatan dengan Stella McCartney, serta meninggalkan saingan utamanya, Kering, tahun lalu.

Baca juga: Perceraian pendiri Amazon diakhiri pembagian saham 38 miliar dolar

Baca juga: CEO Amazon umumkan model pesawat misi ke Bulan

Baca juga: Bill Gates desak bantuan global untuk perangi kemiskinan dan penyakit

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019