counter

Jakarta ingin jalur baru lomba lari internasional

Jakarta ingin jalur baru lomba lari internasional

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Achamd Firdaus (kiri) menyerahkan piagam kepada peserta kejuaraan dunia sepak bola pelajar di Gedung Dispora DKI, Selasa (9/7/2019). (ANTARA/Andi Firdaus).

Jakarta (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta sedang mempertimbangkan pembukaan jalur baru untuk lomba lari skala internasional pada sejumlah ruas jalan di wilayah ibu kota.

"Saat ini baru ruas jalan di kawasan Monas dan Jalan H.R. Rasuna Said yang sudah terverifikasi oleh Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF)," kata Kepala Dispora DKI Jakarta Achmad Firdaus di Jakarta, Kamis.

Verifikasi oleh induk federasi atletik meliputi sejumlah kriteria mendasar seperti tingkat keamanan, standar lintasan, dan fasilitas pendukung.

Achmad menyebut minat warga Jakarta dan sekitarnya untuk mengikuti lomba lari terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

"Misalnya event Jakarta International 10K di Jalan HR Rasuna Said pekan lalu, jumlah pesertanya membeludak sampai 16 ribu orang, mungkin kalau tidak dibatasi bisa lebih," kata Achmad.

Baca juga: Jalan Layang Kuningan tantangan terberat Milo International

Antusiasme tinggi masyarakat dalam mengikuti lomba lari, kata Achmad, perlu difasilitasi dengan menyediakan sarana dan prasarana yang ideal.

Dispora DKI sendiri berencana menambah nomor olahraga pada event berskala internasional, seperti balap sepeda, selain dengan melibatkan masyarakat difabel sebagai peserta.

"Kami akan tambah ruas kilometernya. Atau apakah mungkin jalurnya dipindahkan ke sisi utara atau selatan Jakarta, kami akan evaluasi serta akan ada penilaian dari atletik internasional," kata Achmad lagi.

Namun Achmad tidak menjelaskan ruas jalan sisi utara atau selatan Jakarta mana yang dia maksudkan.

Baca juga: 50 pelari rayakan HUT RI dengan lari Rengasdengklok-Jakarta

Anies masih kaji ganjil genap untuk taksi daring

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar