counter

Semarakkan hari pers, PWI gelar Anugerah Jurnalistik Adinegoro

Semarakkan hari pers, PWI gelar Anugerah Jurnalistik Adinegoro

Logo PWI (ist)

Jakarta (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar penghargaan tertinggi untuk karya jurnalistik di Indonesia, Anugerah Jurnalistik Adinegoro, guna menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2020.

“Lomba ini terbuka bagi wartawan yang bekerja secara aktif pada satu perusahaan pers, baik cetak, televisi, radio,maupun media siber,” demikian pengumuman yang ANTARA terima di Jakarta, Kamis.

Penamaan anugerah tersebut dikarenakan penghargaan dikhususkan untuk karya-karya yang sudah dimuat/ditayangkan/disiarkan di media cetak, siber, televisi, atau radio pada periode 1 Desember 2018 hingga 30 November 2019.

Baca juga: Kompas dan Jawa Pos raih Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2018

Adapun enam kategorinya adalah, liputan berkedalaman (indepth reporting) untuk media cetak, siber, televisi, radio, serta karya foto jurnalistik untuk media cetak dan siber serta karya karya karikatur opini untuk media cetak dan siber.

Setiap media diperbolehkan mengirimkan maksimal 15 karya setiap kategori dengan ketentuan seluruh hasil karya liputan berkedalaman wajib menyertakan link karya melalui Google Form.

Khusus untuk karya foto jurnalistik dan karikatur jurnalistik, wajib mengirimkan dalam bentuk softfile beserta caption yang diunggah pada Google Form.

Selain itu, seluruh karya wajib disertai sinopsis sebanyak dua hingga tiga paragraf mengenai isi dan pembuatannya, sedangkan untuk karya televisi dan radio wajib menyertakan clock program bersama sinopsis.

Terakhir, setiap peserta wajib mengisi formulir dengan menyertakan salinan kartu karyawan dan surat pengantar dari redaksi.

Baca juga: Adinegoro, jujur pada diri dan profesi

Periode pengiriman karya dimulai 15 Agustus hingga 1 Desember. Nantinya setelah diseleksi oleh tokoh pers, pengamat, dan akademisi bidang jurnalistik pada pekan kedua Desember 2019 hingga pekan kedua Januari 2020.

Adapun pemenang dari masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah uang Rp50 juta dan trofi Anugerah Adinegoro 2019 serta piagam yang akan diserahkan pada acara puncak HPN 2020.

Mengenai informasi lebih lanjut peserta bisa menghubungi panitia PWI dengan mengirimkan surat elektronik ke alamat anugerahjurnalistik.adinegoro@gmail.com.

Kepedulian PWI bagi mantan pejuang kemerdekaan

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar