counter

Liga Italia

Resmi bergabung Juventus, De Ligt jadi bek termahal di dunia

Resmi bergabung Juventus, De Ligt jadi bek termahal di dunia

Bek muda Matthijs de Ligt tiba di fasilitas Juventus untuk melakoni tes medis penyelesaian kepindahannya dari Ajax ke tim jawara Italia tersebut pada Rabu (17/7/2019). (twitter.com/juventusfc)

Jakarta (ANTARA) - Bek tengah Belanda Matthijs de Ligt menjadi salah satu pemain muda dengan bayaran tertinggi setelah resmi dikontrak selama lima tahun oleh Juventus senilai 75 juta euro dengan biaya tambahan 10,5 juta euro, pada Kamis.

Fee yang dibayarkan tersebut telah menjadikan De Ligt sebagai pemain termahal dibandingkan pemain lain di posisi yang sama. Bahkan, nilainya melebihi mahar yang dibayarkan Liverpool untuk memboyong rekan setimnya dari Belanda Van Dijk dari Southampton pada 2018.

Di klub Juventus, De Ligt merupakan pemain dengan biaya termahal ketiga setelah Christiano Ronaldo yang dihargai 90 juta euro dari Real Madrid pada 2018 serta Gonzalo Higuain dari Napoli pada 2016.

Baca juga: Juventus resmi ajukan tawaran untuk kapten Ajax Matthijs de Ligt

Pesepak bola berusia 19 tahun itu menjadi pemain termahal di bursa transfer musim panas ini setelah sebelumnya ada striker Prancis Antoine Grizzman yang dikontrak Atletico Madrid dari Barcelona senilai 120 juta euro, dan Joao Felix dari Benfica ke Atletico yang dihargai 126 juta euro.

Mantan pemain Ajax itu juga sempat menjadi incaran Manchester United, Barcelona, dan PSG setelah penampilannya yang mengesankan bersama Ajax hingga berhasil melaju menuju semifinal Liga Champions musim lalu.

"Proyek olahraga terbukti menjanjikan. Italia juga merupakan tempat yang ideal bagi seorang bek," kata De Ligt soal keputusannya memilih Juventus.

Secara keseluruhan, Ligt telah bermain sebanyak 117 kompetisi dan mencetak 13 gol bersama Ajax. Dia juga pernah mencetak gol kemenangan dan berhasil menyingkirkan Juventus di perempat final Liga Champions di Turin.

De Ligt juga telah bermain 17 kali bersama timnas Belanda membentuk pertahanan yang tangguh bersama Van Dijk.

Pelatih Belanda Ronald Koeman mengatakan bahwa "De Ligt akan menjadi salah satu bek terbaik di dunia dalam waktu dekat nanti," demikian dikutip AFP.

Baca juga: De Ligt tiba di Turin selesaikan kontrak Juventus

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar