Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan situasi pascabentrokan antar dua kelompok warga di Mesuji, Lampung, saat ini sudah kondusif, terkendali dan berangsur pulih.

“Mudah-mudahan bisa terselesaikan dengan baik,” harap Wiranto di Kantor Kemenkopolhukam  di Jakarta, Kamis.

Wiranto menjelaskan sesuai laporan kepada dirinya bahwa Kapolres dan Dandramil sudah menangani masalah tersebut, serta mencoba bernegosiasi untuk mendinginkan suasana.

“Itu kasus klasik, bentrok antara dua kelompok masyarakat karena rebutan lahan,” ujar Wiranto.

Baca juga: Pemprov Lampung minta Kementerian LHK carikan solusi konflik di Mesuji
Di tempat terpisah Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta, mengatakan secara garis besar kejadian itu akibat benturan kelompok masyarakat, karena upaya mengolah tanah yang sebenarnya ada di hutan lindung.

“Di satu sisi, pendatang ke sana untuk melakukan pengolahan tanah, tapi di sisi lain, ada yang mengklaim hak atas tanah tersebut," kata Asep.

Polisi masih menyelidiki kasus ini untuk menemukan pelaku yang menjadi provokator bentrokan. Peristiwa bentrokan ini menyebabkan tiga nyawa melayang dan 11 orang lainnya mengalami luka-luka.
Saat ini kondisi keamanan di Mesuji, Lampung, sudah kondusif. Masyarakat setempat pun telah melakukan aktifitas seperti biasa.

Ratusan personel TNI-Polri masih berada di lokasi tersebut pasca bentrokan antardua kelompok warga tersebut untuk menjaga keamanan.
Baca juga: Pemerintah siapkan solusi konflik lahan Mesuji
Baca juga: DPR sayangkan kelalaian BPN hingga terjadi konflik agraria di Mesuji

Pewarta: Fauzi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019