counter

Ambon City Of Music raih top 99 inovasi pelayanan publik

Ambon City Of Music raih top 99 inovasi pelayanan publik

Pemerintah Kota Ambon menerima penghargaan top 99 inovasi pelayanan publik yang diserahkan Menteri PAN-RB di Semarang, Jateng Kamis (18/7/2019). (ist)

Top 99 ini dipilih dari 3.156 proposal inovasi yang diajukan secara online
Ambon (ANTARA) - Ambon City Of Music  meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) tahun 2019.

Penghargaan top 99 diserahkan Menteri PAN-RB Syafruddin kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, di Semarang, Kamis (18/7) malam.

Inovasi ACOM terpilih masuk top 99 dari sebanyak 3.156 inovasi di tahun 2019.

Sebelumnya  Richard Louhenapessy menyebut, ACOM  bertujuan  menciptakan industri kreatif yang dihasilkan dari inovasi dan kreativitas masyarakat Ambon.
  
"Sejak kreativitas musik dijadikan peluang usaha maka angka pengangguran dapat ditekan menjadi 1,5 persen per tahun, dan angka kemiskinan 0,15 persen per tahun dan memperluas kesempatan kerja dengan hadirnya tempat usaha dan ruang pertunjukan di Ambon," katanya.

Menpan dalam sambutannya menjelaskan, penghargaan yang diberikan merupakan momentum dalam menunjukkan komitmen agar pelayanan kepada masyarakat semakin baik.

"Penghargaan yang diberikan merupakan bentuk apresiasi, juga hasil kolaborasi berbagai instansi pemerintah dan lembaga dalam menciptakan sinergi pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Dikatakannya, atmosfer inovasi pelayanan publik semakin meningkat, terbukti di tahun 2019 banyak yang mendaftarkan hasil inovasinya.

Hal ini menandakan, negara hadir menjamin masyarakat memperoleh hak-haknya mendapat pelayanan melalui berbagai terobosan inovasi yang kreatif  untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Pelaksanaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) dimulai sejak 2014, trennya semakin meningkat dan puncaknya di tahun 2019 diikuti 330 kementerian lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota. Total dari tahun 2014 hingga saat ini tercatat 13.214 inovasi pelayanan publik.

Inovasi lanjutnya, lahir untuk menjawab tuntutan masyarakat dan dinamisme dalam berbagai aspek kehidupan, melalui inovasi yang inovatif, kreatif ditunjang kemajuan teknologi dan tetap menyesuaikan kearifan lokal.

"Saya memberikan apresiasi bagi seluruh lini pelayanan publik, kementerian lembaga, pemerintah daerah atas kerja keras dan kegigihan melayani masyarakat, bahwa seluruh inovasi dilahirkan untuk Indonesia lebih baik," ujarnya.

Yang masuk dalam Top 99 inovasi itu yakni 19 inovasi dari 12 kementerian, delapan pemerintah provinsi yang menghadirkan 12 inovasi, 18 pemerintah kota menyumbangkan 21 inovasi, serta 27 pemerintah kabupaten yang menciptakan 41 inovasi pelayanan publik. Selain itu, ada juga lima inovasi yang dihadirkan dari empat lembaga, serta satu inovasi dari satu BUMN.

Top 99 ini dipilih dari 3.156 proposal inovasi yang diajukan secara online melalui Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik). Inovasi-inovasi ini telah melewati tahap seleksi administrasi serta penilaian proposal dan dokumentasi inovasi.


Baca juga: Kota musik dunia bisa disandang Ambon, sebut direktur Unesco
Baca juga: Ambon tuan rumah Konferensi Musik Pasifik 2019
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar