counter

Pemkab Bangka Selatan dapat bantuan kapal pelayaran rakyat

Pemkab Bangka Selatan dapat bantuan kapal pelayaran rakyat

Ilustrasi - Salah satu kapal pelayaran rakyat di galangan kapal Lumajang, Jawa Timur, yang merupakan hibah dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. (Antara Sumbar/istimewa)

Koba, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, mendapatkan bantuan satu kapal pelayaran rakyat (pelra) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

"Kapal ini untuk melayani pelayaran barang dan penumpang antarpulau, terutama pulau-pulau kecil di daerah ini," kata Kepala DPUPRHUB Bangka Selatan Ahcmad Ansori di Toboali, Jumat.

Baca juga: Kemenhub serahkan kapal pelayaran rakyat ke sejumlah daerah

Pemkab Bangka Selatan menerima kapal laut berstatus hibah itu berdasarkan SK Dirjen Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo No KP 526/DJPL/2019 tentang Pelaksanaan Hibah Barang Milik Negara pada Ditjen Hubla kepada Pemerintah Provinsi, Kota, dan Kabupaten.

"Penyerahan hibah Kapal Bawana Nusantara 108 dilakukan langsung oleh Dirjen Hubla R. Agus H. Purnomo kepada Bupati Bangka Selatan Justiar Noer," ujarnya.

Nilai kapal Bawana Nusantara 108 yang dihibahkan Rp2.353.576.194,00 dengan kapasitas 35 GT dan mampu memuat penumpang sebanyak 24 orang.

Baca juga: Dinilai peduli kemajuan pelayaran, ITS digandeng desain kapal rakyat

Selain itu, kapal ini dapat memuat barang seberat 10 ton, lima orang awak kapal dengan kecepatan 9 knot.

"Dalam waktu dekat kapal tersebut akan bergeser ke Bangka Selatan dan berlayar dari Banyuwangi, tempat pembuatannya. Rencananya Kapal Banawa akan dioperasikan antarwilayah kepulauan, yakni Kecamatan Kepulauan Pongok dan Kecamatan Lepar," katanya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar