counter

Blibli Indonesia Open 2019

Menilik fasilitas parkir berstandar internasional Indonesia Open 2019

Menilik fasilitas parkir berstandar internasional Indonesia Open 2019

Pengendara sepeda motor memasuki gedung parkir A Istora Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (19/7/2019). Gedung parkir yang berlokasi di seberang arena Indonesia Open 2019 menyediakan beragam fasilitas berstandar internasional. (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA) - Fasilitas parkir kendaraan di area Istora Gelora Bung Karno Jakarta dilengkapi dengan sejumlah fasilitas berstandar internasional yang representatif untuk pengunjung Indonesia Open 2019.

"Parkiran ini dibuat sejak perhelatan Asian Games 2018 dengan standar internasional," kata petugas piket keamanan gedung parkir A Istora GBK, Munadi, kepada Antara, di Jakarta, Jumat siang.

Bangunan yang berdiri di atas lahan sekitar 700 meter persegi itu didesain empat lantai untuk menampung 570 unit mobil, 800 motor, berikut 65 slot penyimpanan sepeda.

Adalah kontraktor, Jaya Konstruksi, yang menggarap lahan parkiran di seberang Istora lengkap dengan sejumlah fasilitas berstandar internasional.

Munadi mengatakan fasilitas berstandar internasional yang dimaksud berupa mekanisme transaksi sewa parkir yang berbasis nontunai menggunakan E-Money terbitan Mandiri, Brizzy dari BRI, Tap Cash BNI, dan Flazz BCA.

"Mesin transaksi akan merekam waktu kedatangan dan keluar kendaraan. Tinggal discan karcisnya, lalu muncul nominal di layar yang harus dibayar penyewa menggunakan kartu," katanya.

Bagi pengunjung yang tidak memiki kartu pembayaran, pengelola menyediakan sejumlah gerai isi ulang dan pembelian kartu.

Dua unit stasiun pengisian bahan bakar listrik pun tersedia secara gratis di area lantai dasar parkir yang bisa dimanfaatkan para pengguna kendaraan berbasis listrik untuk isi ulang bahan bakar.

"Memang fasilitas stasiun bahan bakar listrik ini belum banyak yang gunakan, sebab masih jarang juga kendaraannya di sini," katanya.

Stasiun tersebut, kata Munadi, telah diujicobakan menggunakan mobil jenis Mercedes Benz.

Fasilitas lainnya yang juga digratiskan adalah alat kompresor pengukur dan isi ulang tekanan ban kendaraan di lantai dasar.

Mesin tersebut sengaja difasilitasi pengelola untuk keamanan berkendara para pengunjung di GBK.

Salah satu pengguna alat kompresor di Gedung Parkir A GBK, Sanjaya (44), mengaku bersyukur ban sepeda motornya yang sempat kempes selama menempuh perjalanan Bekasi-Jakarta bisa diisi ulang secara gratis.

"Fasilitas di sini mirip seperti yang ada di negara maju. Saya pernah lihat di Singapura dan Thailand, persis seperti ini," katanya.

Sekitar 100 personel keamanan juga disiagakan oleh pengelola untuk mengawasi keamanan kendaraan pengunjung selama beraktivitas di GBK.

Mereka terbagi atas petugas patroli bersepeda serta petugas jaga di gedung parkir.

Area parkir berstandar internasional itu juga tersedia di seberang Jakarta Convention Center (JCC). Fasilitas tersebut diketahui masih dalam proses perawatan Jaya Konstruksi untuk selanjutnya diserahkan kepada pengelola GBK dalam waktu dekat.

Baca juga: Melihat dinding sejarah perjalanan Indonesia Open

Baca juga: Tai Tzu Ying singkirkan Intanon, unggulan Taiwan melaju ke semi-final

Baca juga: Pesan Liliyana Natsir untuk Tontowi Ahmad

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Keseruan suporter berkostum unik di Indonesia Open 2019

Komentar