Jakarta (ANTARA) -
Rapper Indonesia, Rich Brian merilis sebuah lagu baru berjudul “Kids”, berbarengan dengan dirilisnya video klip untuk lagu tersebut yang disutradarai oleh Sing J. Lee.
 
Lagu yang diproduser oleh Bekon & The Donuts, Frank Dukes dan Rich Brian sendiri ini masih mengusung tema lanjutan dari single yang sebelumnya sudah dirilis, “Yellow”, di mana Rich Brian menceritakan kisah perjalanannya dan menyebarkan pesan tentang pemberdayaan remaja Asia di dunia.
 
Video klip untuk “Kids” mengambil lokasi syuting di kota asal Rich Brian, Jakarta dan memasukkan kultur-kultur yang ada di seantero kota.
 
“Saya merekam album ini di New York, dan saat saya menulis lagu ‘Kids’, saya mengingat lagi perasaan saat saya sedang mendapat banyak inspirasi. Saya merasa ingin bisa menginspirasi orang lain di dalam prosesnya. Saat pembuatan lagu ini pun, energi di studio pun jadi terasa berbeda. Ini benar-benar lagu yang saat dibuat, semua ide kreatifnya keluar mengalir begitu saja tanpa saya harus banyak berusaha,” kata Rich Brian dalam siaran pers.
 
Sutradara Lee mengatakan lagu itu baginya merupakan sebuah anthem, lagu kemenangan, untuk remaja-remaja dari seluruh belahan dunia.
 
"Tapi lagu ini menurut saya juga merupakan anthem untuk Rich Brian sendiri, seorang remaja yang 2 tahun lalu mengambil langkah besar dalam hidupnya dan bepergian mengarungi setengah Bumi sendirian, dengan hanya bermodalkan suaranya."
 
Lee melanjutkan video itu adalah karya visual “pulang kampung” bagi Brian si anak Jakarta .
 
"Rich Brian melampaui berbagai ekspektasi dari kultur di mana dia tinggal dan sekaligus membawa harapan menjadi sebuah harmoni. Semua itu dirangkum dalam bentuk di mana semua orang bisa memahami, sehingga menjadi seperti sebuah harapan,” terang Lee.
 
Sejak hari perilisannya, single “Yellow” sudah dinikmati hingga lebih dari 15 juta kali streaming dan menerima pujian dari seluruh belahan dunia dengan Hypebeast mengatakan, “Rich Brian berbicara kejujuran tentang perjalanan dia menjadi rising star. Dari seorang sensasi viral hingga menjadi sosok artis yang komplit.” Sementara HotNewHipHop berbicara tentang lagunya dan mengatakan bahwa lagu tersebut memberikan “pandangan baru yang menarik terhadap potensi penuh sang artis.”
 
“Yellow” dan “Kids” akan muncul dalam album baru Rich Brian berjudul The Sailor, yang akan dirilis pada 26 Juli oleh 88rising, dan didistribusikan secara eksklusif oleh 12Tone.
 
Di album The Sailor, Rich Brian tidak hanya merasakan perubahan arus dalam karir bermusiknya, tapi ia juga menceritakan bagaimana saat ia merasakan frustasi dalam karir ini. Album ini secara literal dan metafor menceritakan tentang ekspresi seorang remaja pria, saat ia mengubah dirinya untuk menjadi lebih baik dalam konteks dunia modern masa kini.
 
Album ini direkam tahun lalu di New York, Los Angeles dan Jakarta, bersamaan dengan Rich Brian yang sedang menjalani tur dunia dalam hari-hari kesuksesan album Amen.
 
Rich Brian adalah remaja 19 tahun bernama asli Brian Imanuel, lahir dan besar di Jakarta, Indonesia. Pada 2016, debut single-nya yang berjudul “Dat $tick” menjadi viral dan sudah di-stream hingga lebih dari 300 juta kali hingga saat ini.
 
Setelah merilis beberapa single bersama musisi-musisi tamu seperti 21 Savage, Offset dan Playboi Carti, Rich Brian merilis debut album bertajuk Amen, dan mendapatkan pujian dari seluruh belahan Bumi di tahun 2018.
 
Sejak saat itu Rich Brian sudah manggung berkeliling dunia seperti Amerika, Eropa dan Asia, serta menjadi bintang tamu di festival-festival musik dunia seperti Bonnaroo dan Rolling Loud. Saat ini Rich Brian tinggal di Los Angeles, California, Amerika Serikat.
 
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019