counter

Pasar saham Aussie berakhir melonjak dengan keuntungan meluas

Pasar saham Aussie berakhir melonjak dengan keuntungan meluas

Pasar saham Australia. (FOTO ANTARA/REUTERS/Daniel Mun)

Indeks acuan S&P/ASX 200 naik 51,20 poin atau 0,77 persen menjadi 6.700,30 poin
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia berakhir naik tajam pada perdagangan Jumat, dengan setiap sektor mengalami peningkatan.

Pada penutupan perdagangan, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 51,20 poin atau 0,77 persen menjadi 6.700,30 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas kehilangan 50,80 poin atau 0,75 persen pada 6.786,20 poin.

"Pasar berjangka AS yang diawasi dengan cermat oleh investor lokal, terus bergerak lebih tinggi pada perdagangan setelah jam kerja semalam dan itu sebagai tanggapan terhadap sejumlah hasil laba yang lebih baik dari yang diharapkan ... dan itu telah membantu mendukung harga saham secara lokal," analis pasar Commsec, Tom Piotrowski mengatakan kepada investor dalam laporan pasar sore.

"Pertimbangan penting lainnya adalah dalam semalam kami mendengar dari pejabat Fed New York yang berpengaruh tentang ... perlunya mendukung ekonomi AS dengan suku bunga yang lebih rendah."

"Apa yang telah dilakukan untuk pasar kami adalah menyebabkan dolar AS jatuh, yang telah mendukung harga komoditas."

Dilansir Xinhua, di sektor keuangan, bank-bank besar Australia terangkat dengan Commonwealth Bank naik 0,87 persen, Westpac Bank naik 1,09 persen, National Australia Bank naik 2,19 persen dan ANZ naik 0,96 persen.

Saham-saham pertambangan melihat hasil yang beragam dengan BHP turun 0,15 persen, Rio Tinto turun 0,04 persen, Fortescue Metals naik 0,58 persen dan penambang emas Newcrest naik 2,85 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas sebagian besar lebih rendah dengan Woodside Petroleum turun 1,18 persen, Oil Search naik 0,30 persen dan Santos turun 1,01 persen.

Jaringan supermarket terbesar di Australia menguat dengan Wesfarmers naik 0,87 persen dan Woolworths naik 0,73 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra meningkat 0,79 persen, operator penerbangan nasional Qantas menambahkan 0,18 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,16 persen.

Baca juga: Pasar saham China dibuka lebih tinggi
Baca juga: Saham bank dan penambang picu pasar Aussie dibuka melonjak
Baca juga: Aksi buru saham murah dorong bursa saham Tokyo dibuka menguat

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar