counter

Inggris: Penyitaan dua tanker oleh Iran tak dapat diterima

Inggris: Penyitaan dua tanker oleh Iran tak dapat diterima

Sebuah kapal patroli Angkatan Laut Kerajaan Inggris menjaga kapal tanker Grace 1, yang dicurigai membawa minyak mentah Iran ke Suriah, ketika kapal itu berlabuh di perairan wilayah luar negeri Inggris di Gibraltar, Spanyol, (4/7/2019). ANTARA/REUTERS/HO-Kemenhan Inggris/aa (UK Ministry of Defence/Handout via REUTERS)

London (ANTARA) - Inggris mengatakan penyitaan tanker yang berbendera Inggris dan tanker berbendera Liberia di Selat Hormuz tidak dapat diterima dan menyeru kebebasan navigasi di kawasan Teluk.

"Kami sangat prihatin atas penyitaan dua tanker oleh otoritas Iran di Selat Hormuz," kata Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt.

"Saya akan segera menghadiri pertemuan (COBR) guna meninjau apa yang kami ketahui dan apa yang dapat kami lakukan untuk mengamankan pembebasan dua tanker tersebut - tanker berbendera Inggris dan tanker berbendera Liberia," kata dia.

"Penyitaan ini tidak dapat diterima. Sangat penting untuk mempertahankan kebebasan navigasi sehingga semua kapal dapat melintas dengan aman dan bebas di kawasan tersebut," ujar Hunt.

Hunt mengatakan duta besar Inggris di Teheran sedang berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Iran guna menyelesaikan situasi tersebut. Pihaknya juga tengah bekerja sama dengan mitra internasional.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pasukan Iran sita tanker minyak berbendera Inggris

Baca juga: Iran minta Inggris segera bebaskan tanker miliknya

Baca juga: Trump: AS akan berbicara dengan Inggris soal penyitaan tanker

Latihan di China dan Iran, Wushu Sanda optimistis menang

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar