counter

Info Haji

Embarkasi Surakarta mulai berangkatkan jemaah calon haji gelombang dua

Embarkasi Surakarta mulai berangkatkan jemaah calon haji gelombang dua

Sejumlah jamaah calon haji kloter 44 asal Kabupaten Batang dan Pekalongan saat memasuki bus menuju bandara di asrama haji Donohudan Boyolali, Sabtu (20/7/2019). (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Boyolali (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Surakarta mulai memberangkatkan jamaah calon haji (calhaj) gelombang dua asal Jawa Tengah ke Tanah Suci Arab Saudi melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Sabtu.

Menurut Juru Bicara Humas dan Protokol PPIH Embarkasi Surakarta, Afief Mundzir, calhal gelombang dua dari Embarkasi Surakarta tersebut dimulai kloter 42 hingga kloter 97 yang akan berlangsung hingga 5 Agustus mendatang.

Calhaj kloter 42 asal Kabupaten Batang Jateng dengan sebanyak 358 orang telah diberangkatkan menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada pukul 00.30 WIB. Calhal kloter 43 juga asal Batang juga sudah diterbangkan melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pukul 08.20 WIB.

Jumlah calhaj kloter 43 sebanyak 359 orang, sedangkan kloter 44 sebanyak 357 orang kini sudah siap-siap memasuki pesawat terbang di bandara untuk diterbangkan berhaji ke Tanah Suci, pada pukul 10.20 WIB. Sehingga, total jamaah Embarkasi Surakarta yang sudah diberangkatkan sebanyak 15.772 orang dari rencana 34.940 orang.

"Kami Sabtu ini, memberangkatkan empat kloter, sedangkan calhaj kloter 45 asal Kabupaten Pekalongan, dijadwalkan diberangkatkan pada pukul 12.30 WIB," katanya.

Calhaj mulai kloter 42 atau gelombang kedua tersebut sudah diwajibkan mengenakan pakaian ihram di asrama haji Donohudan, sehingga jamaah setibanya di bandara Jeddah saat pemeriksaan tidak direpotkan berganti pakaian lagi.

"Calhaj tidak ada waktu dan ruang saat pemeriksaan di bandara Jedah, sehingga mereka diwajibkan mengenakan ihram dari Embarkasi di Tanah Air," katanya.

Selain itu, PPIH Embarkasi Surakarta juga kedatangan calhaj sebanyak empat kloter, yakni 46 asal Pekalongan dan Tegal, pada pukul 06.00 WIB, disusul 47 (Tegal), 48 (Tegal), dan 49 (Tegal dan Kota Pekalongan).

Menurut dia, calhaj empat kloter tersebut seperti biasa setibanya di asrama haji Donohudan langsung diterima di Gedung Jeddah kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan terakhir. Calhaj usai cek kesehatan kemudian masuk penginapan asrama untuk istirahat.

"Calhaj empat kloter ini, rencana diberangkatkan ke Jeddah pada Minggu (21/7)," katanya. 

Baca juga: Ribuan calon haji Banyumas siap diberangkatkan ke Tanah Suci
Baca juga: Seorang calhaj Jateng meninggal di pesawat menuju Madinah
Baca juga: Pemkab Batang anggarkan dana bantuan calhaj Rp1,6 miliar


 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar