counter

Bang Madit turut Lebaran Betawi di Monas

Bang Madit turut Lebaran Betawi di Monas

Ramdhani Qubil Aj berfoto bersama warga yang hadir dalam acara Lebaran Betawi di Monas, Jakarta, Sabtu (20/7/2019). (ANTARA/Astrid Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Pelawak Indonesia Ramdhani Qubil Aj atau yang lebih dikenal dengan Bang Madit turut meramaikan pagelaran Lebaran Betawi ke-12 yang berlangsung lapangan silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Sabtu.

Bang Madit yang hadir di lokasi sekitar pukul 14.00 WIB mengaku bahwa ini bukan kali pertama dirinya turut berkontribusi pada acara yang diadakan setahun sekali tersebut.

“Yang jelas dalam rangka menyemarakkan Lebaran Betawi 2019, kebetulan saya sering kerja sama dengan Dinas Pariwisata DKI Jakarta,” katanya.

Ia yang akan tampil dengan grup lenong Oplet Robet untuk memeriahkan acara itu mengatakan bahwa pemilihan Monumen Nasional (Monas) sebagai lokasi perayaan Lebaran Betawi tahun ini dinilai sangat bagus karena selain lokasi yang sangat luas dan memadai, juga pasti sudah sangat populer bagi seluruh masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

“Kalau tahun kemarin kan adanya agak pinggir ya di Situ Babakan. Tempatnya kurang representatif karena parkir minimal, dan tidak banyak orang yang tahu daerah itu,” ujarnya.

Bang Madit melanjutkan, Lebaran Betawi menjadi salah satu ajang yang bagus bagi para budayawan Betawi dalam rangka memberdayakan berbagai kesenian asli Jakarta.

“Bagus karena diperbedayakan kesenian-kesenian Betawi yang ada di Jakarta ini dalam segi musik, sastra, drama seperti lenong, sampai berbagai makanannya,” katanya.

Ia berharap akan semakin banyak generasi muda yang bisa turut berkontribusi terhadap budaya Betawi dengan melakukan berbagai inovasi positif kepada kesenian itu tanpa meninggalkan maknanya.

“Seni itu tidak harus datar. Generasi muda kan banyak ide bagus ayo lah kita buat inovasi baru tapi enggak harus meninggalkan akar budaya itu sendiri,” ujarnya.

Bang Madit pun mengimbau kepada warga Jakarta dan sekitarnya untuk datang ke pagelaran Lebaran Betawi 2019 agar bisa saling bersilaturahmi karena saat ini orang-orang Betawi sudah jarang yang tinggal dalam satu daerah.

Juga baca: Replika JPO Senayan spot foto favorit pada Lebaran Betawi di Monas

Juga baca: Kuliner raksasa kerak telur akan meramaikan Lebaran Betawi 2019

Juga baca: Panas menyengat tidak halangi pengunjung padati Lebaran Betawi

“Saya harap warga Jakarta bisa berbondong-bondong untuk menyaksikan ajang silaturahmi ini,” katanya.

Berdasarkan pantauan ANTARA, depan panggung utama yang sebelumnya sepi karena penonton lebih memilih untuk melihat dari tenda yang disediakan, namun ketika grup lenong Oplet Robet yang digawangi Bang Madit tampil, warga langsung berbondong-bondong ke depan panggung tanpa menghiraukan teriknya matahari.
Ramdhani Qubil Aj tampil bersama grup lenong Oplet Robet dalam acara Lebaran Betawi di Monas, Jakarta, Sabtu (20/7/2019).
(ANTARA/Astrid Habibah)

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Anies harapkan inovasi masyarakat muda Betawi

Komentar